Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diavolezza, Tempat Wisata Salju Sepanjang Tahun di Swiss

Kompas.com - 14/05/2022, 15:32 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Berada sekitar 16 kilometer dari Kota St. Moritz di Swiss, Diavolezza merupakan salah satu tempat untuk menikmati pemandangan salju sepanjang tahun, bahkan saat musim panas.

"Gletser adalah salah satu daya tarik dari gunung tersebut, dengan salju selama 365 hari setahun, jadi selalu ada salju di puncak gunung," ujar Sales Representative Asia of Corvatsch AG, Patrick Miescher, kepada Kompas.com, Rabu (20/4/2022).

Untuk mencapai kawasan ini, wisatawan bisa naik kereta panorama Bernina Express, lalu turun di Stasiun Kereta Diavolezza. Sebagai informasi, Bernina Express melayani rute dari Chur di Swiss ke Tirano di Italia, serta melalui jalur yang masuk Situs Warisan Dunia UNESCO.

Miescher mengatakan, wisatawan bisa membuat rencana perjalanan (itinerary) dua negara, yakni Italia dan Swiss, dengan suasana yang berbeda pula. Apalagi waktu tempuh dari Tirano ke Diavolezza tidak begitu lama, yakni kira-kira dua jam.

Baca juga: 4 Tips Wisata ke Diavolezza Swiss yang Bersalju, Bawa Kacamata

Ilustrasi kereta panorama Bernina Express di Swiss.Dok. Rhaetian Railway Ilustrasi kereta panorama Bernina Express di Swiss.

"Apa yang wisatawan asal Indonesia kerap lakukan - mereka datang ke Milan, lalu ke Tirano, naik kereta Bernina Express ke Stasiun Kereta Diavolezza, dan masuk ke Swiss," katanya.

Wisatawan, lanjutnya, juga bisa mengawali perjalanan mereka dari Tirano, lalu naik kereta Bernina Express ke Diavolezza untuk makan siang dan beraktivitas lainnya, kemudian melanjutkan perjalanan ke Swiss, Perancis, atau Austria. 

Baca juga:

Ia menambahkan, Tirano memiliki iklim mediterania, berbeda dengan Swiss. Terlebih ketika wisatawan naik gondola di Diavolezza ke puncak gunung yang bersalju, dengan tinggi hampir 3.000 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Adapun satu kabin gondola dapat memuat sekitar 100 orang, setiap 25 menit. 

Atraksi lainnya di Diavolezza Swiss

Ilustrasi bak Jacuzzi di Diavolezza, Swiss.Dok. Diavolezza Lagalb AG Ilustrasi bak Jacuzzi di Diavolezza, Swiss.

Tidak hanya naik gondola dan menikmati panorama, wisatawan juga bisa makan siang, menginap, berfoto-foto di spot Instagramable, berfoto di bak Jacuzzi, dan bermain kereta luncur (sledge).

Terdapat pula fasilitas virtual reality yang bisa dicoba untuk merasakan berbagai pengalaman secara virtual dan 360 derajat, mulai dari melihat pemain ski di atas kepala hingga terbang naik helikopter. 

Baca juga:

Miescher mengatakan, sebagian besar wisatawan nasional dari Indonesia memesan melalui agen perjalanan lantaran sudah termasuk paket dan itinerary lainnya. 

Menurutnya, minat wisatawan nasional akan wisata di tempat ini juga bertumbuh berkat daya tarik berupa salju dan gletser di puncak gunung. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com