Kompas.com - 15/05/2022, 16:35 WIB

KOMPAS.com - Saat melakukan perjalanan atau berlibur menggunakan pesawat, salah satu hal penting yang dibutuhkan adalah bandara yang nyaman.

Apalagi, seseorang akan menghabiskan banyak waktu di bandara, baik saat keberangkatan maupun saat kepulangan.

Selama menunggu waktu masuk ke dalam kabin pesawat, calon penumpang juga akan memanfaatkan berbagai fasilitas di area bandara, mulai dari koneksi Wifi, restoran, dan berbagai hiburan lain yang tersedia.

Baca juga:

Oleh karena itu, melansir The Family Vacation Guide (21/3/2022), suatu riset dilakukan pada 50 bandara tersibuk di dunia untuk mengetahui layanan bandara yang terbaik dan ramah untuk keluarga.

Riset ini juga melihat tingkat delay (penundaan maskapai) dan ketepatan waktu, karena sangat berkaitan dengan kenyamanan penumpang terutama bagi anak-anak.

Bandara paling ramah keluarga di dunia tahun 2022

Berikut daftar lima besar bandara terbaik di dunia tahun 2022, mengutip laman The Family Vacation Guide, Minggu (15/5/2022).

1. Bandara Changi Singapura

Bandara Changi Singapura mendapatkan peringkat pertama dari 50 bandara tersibuk di dunia, dengan skor 8,73.

Awak pesawat berjalan di aula transit Bandara Internasional Changi, Singapura.AFP Awak pesawat berjalan di aula transit Bandara Internasional Changi, Singapura.

Dengan persentase keberangkatan tepat waktu tertinggi ketiga sebesar 90,5 persen dan tingkat pembatalan 1 persen, bandara Changi dapat memberikan ketenangan bagi para penumpang.

Selain itu, jika calon penumpang ingin menghabiskan waktu di bandara Changi, terdapat lebih dari 400 tempat makan dan aktivitas, sehingga cocok menjadi hiburan bagi anak-anak.

Baca juga: Bandara Terbaik di Dunia 2022, Changi Singapura Raih Peringkat Satu

Adapun rinciannya 228 tempat makan, dan 205 pilihan aktivitas. Di antaranya taman hiburan Jewel Changi dengan konsep one stop entertainment, shopping area, aneka kuliner, air terjun dalam ruangan dengan ketinggian sekitar 40 meter, dan lain-lain.

2. Bandara Internasional Utama Frankfurt

Meskipun persentase keberangkatan tepat waktu sedikit lebih rendah, bandara ini menawarkan banyak hal untuk dilakukan di tempat.

Bandara FrankfurtUnsplash/Dennis Gecaj Bandara Frankfurt

Mulai dari 126 tempat makan, 179 pilihan kegiatan, dan akses Wifi yang membuat waktu tunggu di bandara menjadi lebih menyenangkan.

Dengan skor 8,47, Bandara Internasional Utama Frankfurt memiliki persentase keberangkatan tepat waktu sebesar 78,7 persen dan tingkat pembatalan hanya 1,2 persen.

3. Bandara Haneda, Tokyo

Bandara Haneda menawarkan salah satu dari sekian banyak pilihan tempat makan, tertinggi kedua setelah Singapura, dengan total 225 tempat makan.

OAG menyatakan Bandara Haneda Tokyo sebagai bandara berukuran besar dengan pelayanan paling tepat waktu dengan rata-rata 86,75%. (CNN) OAG menyatakan Bandara Haneda Tokyo sebagai bandara berukuran besar dengan pelayanan paling tepat waktu dengan rata-rata 86,75%. (CNN)

Selain itu, tersedia akses Wifi gratis dan 47 variasi kegiatan yang bisa dilakukan.

Dengan persentase keberangkatan tepat waktu yang tinggi yaitu 90,3 persen dan pembatalan hanya 7 persen, Bandara Haneda mendapatkan skor 7,25.

4. Bandara Leonardo da Vinci–Fiumicino, Roma

Diberi nama seorang Polymath asal Italia yang terkenal di dunia, bandara Leonardo da Vinci-Fiumcino di Roma adalah salah satu bandara ramah keluarga terbaik yang ada dalam daftar.

Duta Besar RI di Roma, Esti Andayani (kiri), pada Kamis (11/2/2021) mengantar kepulangan dua Anak Buah Kapal (ABK) asal Indonesia, yakni Giri Indra Gunawan dan Moh Samsudin di Bandara Leonardo da Vinci, Fiumicino, Roma.KBRI ROMA Duta Besar RI di Roma, Esti Andayani (kiri), pada Kamis (11/2/2021) mengantar kepulangan dua Anak Buah Kapal (ABK) asal Indonesia, yakni Giri Indra Gunawan dan Moh Samsudin di Bandara Leonardo da Vinci, Fiumicino, Roma.

Bandara ini menunjukkan ketepatan yang sangat baik dengan tingkat keberangkatan tepat waktu 90,1 persem dan tingkat pembatalan minimal 0,6 persen.

Baca juga: Liburan ke Tokyo, Pilih Bandara Haneda atau Narita?

Dengan skor 7,19, Bandara Leonarda da Vinci memiliki 66 tempat makan, dan 111 pilihan kegiatan. Sayangnya, hal yang kurang adalah ketersediaan akses Wifi gratis.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.