Kompas.com - 16/05/2022, 18:04 WIB

KOMPAS.com - DAMRI membuka trayek baru dengan rute dari dan menuju Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah, bertepatan dengan Hari Raya Waisak yakni Senin (16/05/2022).

General Manager Damri cabang Yogyakarta Boy Aryadi mengatakan, kehadiran trayek ini dapat memberikan kemudahan layanan transportasi bagi pengunjung yang ingin bepergian ke Candi Borobudur.

"Tujuan utamanya untuk meningkatkan kunjungan ke lokasi wisata sehingga pergerakan ekonomi kembali meningkat, ini sesuai arahan dari Kemenhub," kata Boy saat dihubungi Kompas.com, Senin.

Baca juga:

Adapun trayek ini melayani tiga rute. Pertama, rute Bandara Internasional Yogyakarta-Candi Borobudur via Purworejo dan Salaman.

Kemudian, rute Hotel Limaran-Tebing Breksi-Candi Borobudur. Selanjutnya, juga melayani rute Universitas Gajah Mada (UGM)-Candi Borobudur via UII Jakal-Pakem-Tempel-Muntilan.

Ia menambahkan, layanan rute Candi Borobudur ke beberapa rute ini merupakan dukungan DAMRI bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, untuk layanan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).

"Ini penugasan dari Kementerian Perhubungan berkaitan dengan KSPN, karena epicentrumnya ada di Borobudur. Kedua, DAMRI mendukung peningkatan layanan bandara baru Bandara Internasional Yogyakarta," imbuhnya.

Baca juga: Berwisata ke Danau Toba Naik DAMRI, Ini Rute dan Tarifnya

Dengan adanya subsidi tiket, biaya satu kali perjalanan hanya Rp 20.000 per orang.

Ia juga menjelaskan bahwa terdapat empat unit armada DAMRI yang melayani rute dari dan menuju Candi Borobudur, yang beroperasi sebanyak enam kali dalam sehari.

"Armadanya kami sediakan HiAce terbaru, kapasitas satu bus untuk 14 kursi," ujar dia.

Adapun ketiga rute tersebut dapat dipesan melalui aplikasi DAMRI Apps, situs resmi tiket DAMRI, maupun secara offline.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.