Kompas.com - 17/05/2022, 15:07 WIB

KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyampaikan bahwa terdapat peningkatan kunjungan di sejumlah desa wisata selama liburan Lebaran tahun ini.

Menurut Sandi, pihaknya mendapatkan laporan bahwa Desa Wisata menjadi salah satu pilihan destinasi wisata yang paling diminati oleh masyarakat.

Hal tersebut terbukti dari beberapa laporan yang diterima, salah satunya dari pengelola desa wisata secara langsung.

"Ternyata masyarakat, terutama pemudik, banyak menjatuhkan pilihan pada desa-desa wisata, khususnya yang ada di jalur pemudik," ujar Menparekraf saat Weekly Press Briefing yang digelar hybrid, Selasa (17/5/2022).

Baca juga:

Beberapa laporan tersebut di antaranya, seperti 100 persen kenaikan okupansi Homestay Desa Wisata di sekitar Candi Borobudur, yang merupakan salah satu Destinasi Super Prioritas (DSP).

Bahkan, salah satu desa wisata yang termasuk dalam penghargaan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2022, mencatat kenaikan kunjungan yang cukup tinggi selama momen liburan Lebaran.

"Ada juga meningkatnya jumlah wisatawan sebanyak 6.320 orang ke Desa Wisata Pentagen di
Kabupaten Kerinci, yang termasuk dalam 50 Besar ADWI 2022," paparnya.

Menparekraf Sandiaga Uno mengunjungi Desa Wisata Cikakak, Kecamatan Wangon, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Rabu (13/10/2021).KOMPAS.COM/FADLAN MUKHTAR ZAIN Menparekraf Sandiaga Uno mengunjungi Desa Wisata Cikakak, Kecamatan Wangon, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Rabu (13/10/2021).

Kemudian, banyak juga peningkatan kunjungan di desa wisata yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

Seperti peningkatan jumlah wisatawan sebanyak 5.000 orang ke Desa Wisata Tegalmulyo, Kabupaten Klaten. Lalu, kenaikan jumlah wisatawan 400 orang ke Desa Wisata Kerapu, Kabupaten Situbondo.

Kemudian, jumlah wisatawan naik 700 orang ke Desa Wisata Kalibiru Kabupaten Kulon Progo dan penjualan paket wisata dengan jumlah wisatawan sebanyak 1.357 orang ke Desa Wisata Pentingsari Kabupaten Sleman.

Serta peningkatan wisatawan sebanyak 1.700 orang ke Desa Wisata Cikakak Kabupaten Banyumas. 

Baca juga: 5 Desa Wisata Berkembang Terbaik Versi ADWI 2021, Apa Saja?

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.