Kompas.com - 17/05/2022, 17:05 WIB

KOMPAS.com - Tanggal 18 Mei diperingati sebagai Hari Museum Internasional. Sejumlah negara di dunia turut memeriahkan peringatan Hari Museum Internasional tersebut. 

Peringatan Hari Museum Internasional ini diselenggarakan oleh International Council of Museums (ICOM). Mengutip laman resmi ICOM, peringatan Hari Museum Internasional mempunyai tujuan khusus. 

“Tujuan Hari Museum Internasional adalah untuk meningkatkan kesadaran tentang fakta bahwa museum adalah sarana penting pertukaran dan pengayaan budaya, pengembangan saling pengertian, kerja sama, dan perdamaian di antara masyarakat,” tulis ICOM dalam situs resminya dikutip Selasa (17/5/2022). 

Baca juga: Panduan Pesan Tiket Online ke Museum Nasional Jakarta Pusat

Baca juga: Menjajal ImersifA, Instalasi Interaktif Baru di Museum Nasional

Mungkin, belum banyak masyarakat yang mengetahui tentang Hari Museum Internasional. Berikut fakta-fakta Hari Museum Internasional yang Kompas.com himpun. 

Sejarah Hari Museum Internasional

Hari Museum Internasional pertama kali diperingati pada 18 Mei 1977 oleh ICOM, berdasarkan informasi dari situs resmi ICOM. Itu berarti, tahun ini memasuki peringatan Hari Museum Internasional ke-45. 

Sejak saat itu, perayaan Hari Museum Internasional mendapatkan perhatian global untuk meningkatkan kesadaran mengenai peran museum.

Hari Museum Internasional juga memberikan peluang bagi pekerja museum dari sejumlah negara untuk mengungkapkan tantangan yang dihadapi museum.

Kegiatan Hari Museum Internasional

Pada perayaan Hari Museum Internasional, ICOM sebagai penyelenggara mengadakan sejumlah kegiatan yang dapat berlangsung sehari, selama akhir pekan, atau seminggu penuh.

Pengunjung sedang berfoto ria di salah satu karya Yayoi Kusama di Museum MACAN, JakartaKOMPAS.com/ALEK KURNIAWAN Pengunjung sedang berfoto ria di salah satu karya Yayoi Kusama di Museum MACAN, Jakarta

Rangkaian kegiatan pada Hari Museum Internasional disesuaikan dengan tema yang diusung. ICOM mengundang semua pengelola museum dari berbagai negara untuk berpartisipasi pada acara tersebut. 

Baca juga: 9 Museum di Bandung untuk Ngabuburit, Bisa Sambil Belajar Sejarah

Para pengelola museum di seluruh dunia diharapkan dapat berpartisipasi untuk mempromosikan peranan museum, menciptakan aktivitas unik berdasarkan kepada tema Hari Museum Internasional setiap tahunnya. 

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.