Kompas.com - 22/05/2022, 11:31 WIB

KOMPAS.com – Kabupaten Lumajang, tepatnya di Kecamatan Pronojiwo bisa disebut sebagai surga-nya air terjun.

Itu karena ada banyak air terjun indah yang ada di sana. Selain Air Terjun Tumpak Sewu, ada satu lagi tempat indah, yakni Air Terjun Kapas Biru.

Baca juga: Malang-Lumajang via Curah Kobokan, Aliran Lahar Hujan Gunung Semeru

Lokasi Air Terjun Kapas Biru tepatnya berada di Desa Pronojiwo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Dari pusat Kabupaten Lumajang, jarak menuju Air Terjun Kapas Biru adalah sekitar 50 kilometer (km) dengan waktu tempuh kurang-lebih 2 jam.

Perjalanan menuju Air Terjun Kapas Biru

Kompas.com sempat berkunjung ke Air Terjun Kapas Biru pada Senin (16/5/2022) pagi saat hari libur Nyepi.

Saat itu, cuaca cukup cerah. Warna biru dengan awan tipis menghiasi langit Pronojiwo kala itu. Di sisi utara, tampak atap Pulau Jawa atau Gunung Semeru yang menjulang tinggi.

Baca juga: Kondisi Jalan Utama Nontol Jawa Timur Magetan-Lumajang Saat Mudik 2022

Usai memarkirkan sepeda motor dan membayar tiket masuk, perjalanan menuju air terjun dilanjutkan dengan jalan kaki melalui jalan setapak.

Adapun harga tiket masuk Air Terjun Kapas Biru adalah Rp 10.000 per orang dan tarif parkir sepeda motor Rp 5.000. Untuk tarif parkir mobil adalah Rp 10.000.

“Ke air terjun dari parkiran enggak sampai satu jam,” kata petugas loket saat itu yang juga anggota Kelompok Masyarakat (Pokmas) Kapas Biru bernama Bagus kepada Kompas.com.

Jalur tangga menuju Air Terjun Kapas Biru Lumajang.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Jalur tangga menuju Air Terjun Kapas Biru Lumajang.

Secara umum, menurut pengamatan Kompas.com, kondisi jalan ke titik air Terjun Kapas Biru cukup mudah untuk dilalui. Tidak ada tanjakan atau turunan ekstrem.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.