Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/05/2022, 16:54 WIB
Slamet Priyatin,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KENDAL,KOMPAS.com - Banyak cara untuk mempromosikan tempat wisata. Termasuk salah satunya dengan membuat gelaran olahraga maraton, seperti yang dilakukan oleh pemilik tempat wisata Omah’e Opa di Patean, Kabupaten Kendal, Minggu (22/05/2022).

Lomba lari 5K Omah'e Opa Cup Run 2022 mengambil rute di dalam lingkungan wisata dengan medan penuh tanjakan dan turunan.

Baca juga: Tempat Wisata Omahe Opa di Kendal, Bisa Berenang dan Jajal Flying Fox

Menurut pemilik tempat Wisata Omah’e Opa, Utomo Djohari Soepadmo, Omah'e Opa Cup Run 2022 diadakan sebagai bagian dari rangkaian acara peresmian daya tarik wisata baru di Kendal, yakni Omahe Opa Taman Donorojo.

Sekitar 300 pelari dari berbagai daerah di Indonesia ikut memeriahkan pembukaan tempat wisata tersebut.

“Tempat wisata ini sudah ada sejak beberapa tahun lalu. Tapi grand opening-nya hari ini,” kata Utomo.

Pemandangan alam yang indah di Omahe Opa. KOMPAS.COM/SLAMET PRIYATINKOMPAS.COM/SLAMET PRIYATIN Pemandangan alam yang indah di Omahe Opa. KOMPAS.COM/SLAMET PRIYATIN

Gelaran olahraga sejalan dengan visi dan misi Kabupaten Kendal, yakni sport tourism atau kolaborasi antara olahraga dan pariwisata.

Ke depannya, kegiatan ini akan menjadi agenda tahunan di Omah'e Opa Taman Donorojo, sekaligus masuk ke dalam kalender acara tahunan kalander pariwisata di Kendal.

Baca juga: Wisata Omae Opa di Kendal, Pas Dikunjungi Pencinta Burung Macaw

Rupanya, menurut Bupati Kendal Dico M. Ganinduto, ini adalah kali pertamanya gelaran lari di Kabupaten Kendal digelar di obyek wisata

Para peserta lomba lari sambil dikelilingi pemandangan bukit dan pedesaan yang masih asri.

Selain sebagai ajang prestasi, gelaran ini juga untuk memperkenalkan salah satu destinasi wisata di Jawa Tengah, khususnya Kendal.

Dico berharap, kegiatan ini tak sekadar menjadi agenda tahunan, tetapi bisa dijadikan agenda rutin setiap tiga bulan sekali.

"Lomba ini diikuti pelari dari berbagai daerah di Indonesia , sehingga bisa mengenalkan wisata ini," ujar Dico.

Baca juga: 5 Obyek Wisata Keluarga di Kendal, Cocok Buat Liburan

Pecinta burung Macaw di tempat wisata Omahe Opa. KOMPAS.COM/SLAMET PRIYATINKOMPAS.COM/SLAMET PRIYATIN Pecinta burung Macaw di tempat wisata Omahe Opa. KOMPAS.COM/SLAMET PRIYATIN

Salah satu peserta lomba, Nurhadi, menganggap lomba lari ini adalah gelaran yang fantastis dan menilainya layak untuk dijadikan lomba maraton rutin, dengan jarak lebih dari 5 kilometer (km).

“Bisa jarak 10 km atau 20 km trail. Semoga ini menjadi agenda tahunan untuk Omah'e Opa dan Kendal,"  kata Nurhadi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com