Kompas.com - 24/05/2022, 14:31 WIB

KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyampaikan bahwa jumlah turis asing di Bali mengalami peningkatan signifikan.

Peningkatan itu terjadi Maret hingga April 2022 yang tercatat melalui entry point Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali.

Jumlah itu bisa dilihat dari rilis data statistik Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) per Maret 2022.

Baca juga: Kunjungan Wisata ke Bali Utara Naik Saat Libur Lebaran 2022

Rilis menyebutkan bahwa jumlah kunjungan wisman ke Bali mencapai 1.030,47 persen dibandingkan Februari 2022, sebagai dampak atas pembukaan perbatasan Indonesia.

5 negara penyumbang turis asing terbanyak di Bali

Adapun lima negara penyumbang kunjungan wisman terbanyak di Bali pada bulan berikutnya, April 2022 berasal dari Australia, United Kingdom (Inggris), Singapura, Amerika Serikat, dan Perancis.

Maka dari itu, untuk terus menambah jumlah kunjungan, Sandiaga menyebutkan bahwa pihaknya tengah berupaya menambah kuantitas dan jadwal penerbangan dari luar negeri ke Indonesia, khususnya Bali.

Ilustrasi Bali - Wisatawan sedang berlibur di Sacred Monkey Forest, Gianyar, Bali.SHUTTERSTOCK / Elizaveta Galitckaia Ilustrasi Bali - Wisatawan sedang berlibur di Sacred Monkey Forest, Gianyar, Bali.

"Kemenparekraf terus berkolaborasi bersama perusahaan maskapai internasional untuk menambah kuantitas ataupun jadwal penerbangan ke Indonesia khususnya Bali," tutur Sandiaga dalam Weekly Press Briefing secara online, Senin (23/5/2022).

Sandiaga optimistis, daya saing pariwisata Indonesia akan meningkat, termasuk pencapaian target kunjungan wisman.

Baca juga: 25 Wisata Bali yang Populer dan Unik, Pas buat Libur Panjang

"Kita harapkan akan semakin menggeliatkan (perekonomian) dan target 1,8 juta sampai 3,6 juta (kunjungan wisman) mudah-mudahan bisa tercapai," tutur Menparekraf.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.