Kompas.com - 26/05/2022, 11:11 WIB

KOMPAS.com - Jembatan gantung selain berfungsi menghubungkan dua lokasi, kini sudah berkembang menjadi obyek wisata. Bahkan, sejumlah negara berlomba-lomba membangun jembatan gantung terpanjang

Secara umum, ada jenis jembatan gantung yang dapat dilalui kendaraan dan jembatan gantung bagi pejalan kaki (pedestrian suspension bridge). 

Biasanya, jembatan gantung yang dapat dilalui kendaraan menghubungkan dua wilayah yang terpisah oleh sungai, selat, dan laut. 

Baca juga: Malang-Lumajang via Jalur Selatan, Kini Bisa Lewat Jembatan Gantung Gladak Perak

Selanjutnya, jembatan gantung pejalan kaki biasanya berada di pegunungan serta menghubungkan dua gunung atau bukit, melewati lembah dan sungai.  

Contoh jembatan gantung yang dapat dilewati kendaraan adalah 1915 Canakkale Bridge. Mengutip Daily Mail, 1915 Canakkale Bridge merupakan jembatan gantung terpanjang di dunia yang membentang hingga 2.023 meter. 

Jembatan gantung di Turki ini membentang di atas Selat Dardanelles, serta menghubungkan wilayah Eropa yaitu Kota Gelibolu dengan Asia, yaitu Kota Lapseki. 

Baca juga: Jembatan Gantung Terpanjang Dunia, Capai 721 Meter di Republik Ceko 

Sementara itu, jembatan gantung pejalan kaki juga berfungsi sebagai destinasi wisata bagi pencinta tantangan.

Berikut ini adalah jembatan gantung pejalan kaki terpanjang di dunia yang Kompas.com himpun: 

1. Sky Bridge 721, Republik Ceko (721 meter) 

Sky Bridge 721 berada di Dolni Morava, Republik Ceko. Jembatan ini menghubungkan dua gunung di Pegunungan Jeseniky, Republik Ceko. 

Mengutip Travel Awaits, jembatan gantung tersebut membentang sepanjang  721 meter, sesuai namanya, sekaligus berada di ketinggian 95 meter dan lebar 1,2 meter. 

Sky Bridge 721 di Dolni Morava, Republik Ceko, merupakan jembatan gantung terpanjang di duniaDok. https://www.dolnimorava.cz/ Sky Bridge 721 di Dolni Morava, Republik Ceko, merupakan jembatan gantung terpanjang di dunia

Dengan panjang tersebut, Sky Bridge 721 diyakini akan menggeser rekor jembatan gantung terpanjang versi Guinness World Records yang saat ini dipegang oleh Baglung Parbat Footbridge, Nepal sepanjang 567 meter.

Berada di ketinggian 1.110 - 1.116 meter di atas permukaan laut (mdpl), wisatawan dapat merasakan sensasi berjalan di atas awan saat melintasi Sky Bridge 721. 

Untuk faktor keamanan, jembatan gantung ini memiliki enam tali utama yang masing-masing tali mampu menopang beban hingga 360 ton. Selain enam tali utama, Sky Bridge 721 juga dilengkapi dengan  60 tali pendukung lainnya dengan berbagai diameter.

2. Baglung Parbat Footbridge, Nepal (567 meter) 

Jembatan gantung yang berada di Nepal ini membentang sepanjang 567 meter, berdasarkan informasi dari laman Guinness World Records. Jembatan ini melintasi Sungai Kali Gandaki di Provinsi Gandaki, Nepal.

Jembatan ini dibuka untuk umum pada 30 Juli 2020. Berdasarkan informasi dari Travel Tomorrow, Baglung Parbat Footbridge berada di ketinggian 122 meter. 

Kapasitas jembatan gantung ini mampu menampung hingga 612 orang sekaligus. Lokasinya terletak 280 kilometer sebelah barat Kathmandu, Nepal.

Baca juga: Nepal Buka Lagi, Pendaki Asing Bisa Kembali Mendaki Himalaya

Kehadiran Baglung Parbat Footbridge menggeser rekor jembatan gantung pejalan kaki terpanjang sebelumnya yakni Arouca 516 di Portugal sepanjang 516 meter. 

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.