Kompas.com - 28/05/2022, 09:09 WIB

KOMPAS.com - Pantai Sukamade menawarkan pengalaman unik bagi wisatawan yaitu melihat penyu bertelur di malam hari. Pantai ini berada di kawasan Taman Nasional (TN) Meru Betiri, Kabupaten Banyuwangi.

Seksi Pengendalian Ekosistem Hutan Madya Taman Nasional Meru Betiri Nur Rohmah mengatakan, Pantai Sukamade merupakan tempat konservasi penyu. Langkah konservasi dilakukan untuk menjaga populasi dan ekosistem penyu. 

Sebab jika dibiarkan terkubur di pantai, maka telur-telur tersebut rawan dimangsa oleh hewan lain maupun dicuri manusia. 

Baca juga: Pantai Sukamade Banyuwangi, Bisa Lihat Penyu Bertelur pada Malam Hari 

“Kami menyelamatkan telur penyu agar tidak hilang. Agar ada yang menetas dan kembali ke laut,” kata dia saat dihubungi Kompas.com, Jumat (27/5/2022). 

Terdapat empat jenis penyu yang sering mendarat di Pantai Sukamade untuk bertelur yakni Penyu Hijau, Penyu Lekang, Penyu Belimbing dan Penyu Sisik. Hampir setiap malam terdapat penyu yang mendatangi kawasan Pantai Sukamade untuk bertelur. 

“Hampir setiap malam ada yang mendarat dan bertelur, minimal dua ekor. Jarang sekali kejadian tidak ada penyu yang mendarat,” terangnya.

Baca juga: Sandiaga: Viralnya Rowo Bayu Bisa Bantu Kembangkan Wisata Banyuwangi

Seekor penyu bisa bertelur 100-150 butir dalam sekali proses bertelur.

“Kalau penyu itu sekali bertelur ada 100-150 butir, satu ekor penyu. Sedangkan, sehari minimal dua penyu, jadi telurnya bisa ratusan ribu dalam setahun,” ucapnya. 

Penyu hijau di Pantai Sukamade, Taman Nasional Meru Betiri, Banyuwangi Dok. https://merubetiri.id/website/ Penyu hijau di Pantai Sukamade, Taman Nasional Meru Betiri, Banyuwangi

Ia melanjutkan bahwa setelah penyu selesai bertelur, petugas TN Meru Betiri akan mengambil telur-telur yang dikubur dalam pasir tersebut. Selanjutnya, telur-telur penyu akan dibawa ke tempat penetasan di tempat konservasi.

Setelah telur penyu menetas menjadi anak penyu alias tukik, maka akan dilepas kembali ke alam bebas. 

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.