Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Tiket Masuk dan Cara Melihat Penyu di Pantai Sukamade Banyuwangi

Kompas.com - 28/05/2022, 09:09 WIB
Ulfa Arieza ,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pantai Sukamade menawarkan pengalaman unik bagi wisatawan yaitu melihat penyu bertelur di malam hari. Pantai ini berada di kawasan Taman Nasional (TN) Meru Betiri, Kabupaten Banyuwangi.

Seksi Pengendalian Ekosistem Hutan Madya Taman Nasional Meru Betiri Nur Rohmah mengatakan, Pantai Sukamade merupakan tempat konservasi penyu. Langkah konservasi dilakukan untuk menjaga populasi dan ekosistem penyu. 

Sebab jika dibiarkan terkubur di pantai, maka telur-telur tersebut rawan dimangsa oleh hewan lain maupun dicuri manusia. 

Baca juga: Pantai Sukamade Banyuwangi, Bisa Lihat Penyu Bertelur pada Malam Hari 

“Kami menyelamatkan telur penyu agar tidak hilang. Agar ada yang menetas dan kembali ke laut,” kata dia saat dihubungi Kompas.com, Jumat (27/5/2022). 

Terdapat empat jenis penyu yang sering mendarat di Pantai Sukamade untuk bertelur yakni Penyu Hijau, Penyu Lekang, Penyu Belimbing dan Penyu Sisik. Hampir setiap malam terdapat penyu yang mendatangi kawasan Pantai Sukamade untuk bertelur. 

“Hampir setiap malam ada yang mendarat dan bertelur, minimal dua ekor. Jarang sekali kejadian tidak ada penyu yang mendarat,” terangnya.

Baca juga: Sandiaga: Viralnya Rowo Bayu Bisa Bantu Kembangkan Wisata Banyuwangi

Seekor penyu bisa bertelur 100-150 butir dalam sekali proses bertelur.

“Kalau penyu itu sekali bertelur ada 100-150 butir, satu ekor penyu. Sedangkan, sehari minimal dua penyu, jadi telurnya bisa ratusan ribu dalam setahun,” ucapnya. 

Penyu hijau di Pantai Sukamade, Taman Nasional Meru Betiri, Banyuwangi Dok. https://merubetiri.id/website/ Penyu hijau di Pantai Sukamade, Taman Nasional Meru Betiri, Banyuwangi

Ia melanjutkan bahwa setelah penyu selesai bertelur, petugas TN Meru Betiri akan mengambil telur-telur yang dikubur dalam pasir tersebut. Selanjutnya, telur-telur penyu akan dibawa ke tempat penetasan di tempat konservasi.

Setelah telur penyu menetas menjadi anak penyu alias tukik, maka akan dilepas kembali ke alam bebas. 

“Sekitar dua bulan, lalu telur menetas kemudian tukik dikembalikan lagi ke laut,” terangnya.

Harga tiket dan cara lihat penyu di Pantai Sukamade

Nur Rohmah mengatakan wisatawan bisa melihat langsung penyu bertelur di malam hari. Pihak TN Meru Betiri menyediakan pendamping yang akan menemani para pengunjung. 

Untuk mendapatkan pengalaman tersebut, wisatawan domestik perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 pada Senin-Kamis atau Rp 7.500 pada akhir pekan. 

Baca juga: Panduan Wisata Pantai Pulau Merah Banyuwangi, Ada Tips Lihat Sunset

Baca juga: Pantai Pulau Merah Banyuwangi, Terkenal dengan Sunset Berwarna Merah

Sementara, tarif tiket masuk bagi wisatawan mancanegara sebesar Rp 150.000 pada Senin-Kamis dan Rp 225.000 pada akhir pekan. 

Selain tiket masuk, pengunjung juga membayar jasa pendamping untuk melihat penyu bertelur yakni Rp 30.000 per orang. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com