Kompas.com - 28/05/2022, 10:10 WIB

KOMPAS.com - Pantai Teluk Hijau merupakan salah satu surga tersembunyi di Kabupaten Banyuwangi. Pantai ini masih alami dan akses menuju lokasi cukup menantang. 

Pantai Teluk Hijau juga kerap disebut Green Bay. Lokasinya berada dalam kawasan Taman Nasional (TN) Meru Betiri. 

Seksi Pengendalian Ekosistem Hutan Madya Taman Nasional Meru Betiri Nur Rohmah menuturkan, daya tarik Pantai Teluk Hijau adalah air laut yang berwarna hijau, sesuai dengan namanya. Fenomena ini tentunya berbeda dengan air laut pada umumnya yang berwarna biru. 

“Daya tarik Teluk Hijau itu panorama alamnya, yang spesifik adalah warna air lautnya hijau, makanya disebut sebagai Teluk Hijau,” kata dia kepada Kompas.com, Jumat (27/5/2022). 

Baca juga: Pantai Sukamade Banyuwangi, Bisa Lihat Penyu Bertelur pada Malam Hari 

Baca juga: Panduan Wisata Pantai Pulau Merah Banyuwangi, Ada Tips Lihat Sunset

Mengutip Kompas.com (22/7/2020), warna hijau berasal dari alga di dasar perairannya sehingga memantulkan warna hijau ke permukaan laut.

Pantai Teluk Hijau memiliki pasir putih, sehingga sangat kontras dengan air lautnya yang berwarna hijau. Panorama tersebut menjadi keunikan dari pantai ini. 

Sayangnya, Nur Rohmah mengatakan wisatawan yang berkunjung di Pantai Teluk Hijau dilarang untuk berenang. Sebab, Pantai Teluk Hijau berada di kawasan Samudera Indonesia, atau pantai selatan yang terkenal dengan ombak besar. 

Kondisi ini serupa dengan pantai-pantai di kawasan TN Meru Betiri lainnya, yaitu Pantai Rajegwesi dan Pantai Sukamade. 

Pantai Teluk Hijau atau Teluk Ijo atau Green Bay, Banyuwangi, Jawa Timur DOK. Shutterstock/adisasterrShutterstock/adisasterr Pantai Teluk Hijau atau Teluk Ijo atau Green Bay, Banyuwangi, Jawa Timur DOK. Shutterstock/adisasterr

“Kami tidak mengizinkan wisatawan untuk berenang di laut, karena pantai-pantai yang ada di TN Meru Betiri ini adalah  kawasan Samudera Indonesia, pantai selatan yang ombaknya besar jadi kami tidak izinkan untuk berenang,” ujarnya. 

Namun demikian, wisatawan masih bisa snorkeling di tepi pantai untuk menikmati panorama bawah laut. Pengunjung diimbau untuk tetap berhati-hati dan waspada selama melakukan kegiatan snorkeling

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.