Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Tiket Masuk dan Rute Menuju Pantai Teluk Hijau Banyuwangi

Kompas.com - 28/05/2022, 11:12 WIB
Ulfa Arieza ,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pantai Teluk Hijau merupakan wisata pantai yang berada di Taman Nasional (TN) Meru Betiri, Banyuwangi. Pantai ini merupakan surga tersembunyi karena lokasinya masih asri dan aksesnya cukup menantang. 

Seksi Pengendalian Ekosistem Hutan Madya Taman Nasional Meru Betiri Nur Rohmah mengatakan daya tarik Pantai Teluk Hijau adalah air laut yang berwarna hijau, sesuai dengan namanya.

Fenomena ini tentunya unik dan berbeda dengan air laut pada umumnya yang biasanya berwarna biru.

Baca juga: Pantai Pulau Merah Banyuwangi, Terkenal dengan Sunset Berwarna Merah

“Daya tarik Teluk Hijau itu panorama alamnya, yang spesifik adalah warna air lautnya hijau, makanya disebut sebagai Teluk Hijau,” ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Jumat (27/5/2022).

Selain itu, Pantai Teluk Hijau mempunyai ombak yang besar karena berada di Samudera Indonesia, atau pantai selatan. Namun, wisatawan masih bisa melakukan snorkeling di tepi pantai yang cenderung aman. 

Pantai Teluk Hijau di Taman Nasional Meru Betiri BanyuwangiDok. https://merubetiri.id Pantai Teluk Hijau di Taman Nasional Meru Betiri Banyuwangi

“Kami tidak mengizinkan wisatawan untuk berenang di laut, karena pantai-pantai yang ada di TN Meru Betiri ini adalah  kawasan Samudera Indonesia, pantai selatan yang ombaknya besar jadi kami tidak izinkan untuk berenang,” ujarnya. 

Baca juga: Pantai Sukamade Banyuwangi, Bisa Lihat Penyu Bertelur pada Malam Hari 

Pantai Teluk Hijau memiliki pasir putih, sehingga sangat kontras dengan air lautnya yang berwarna hijau. Selain itu, kawasan pantai dikelilingi dengan batu karang dan pepohonan hijau. 

Rute ke Pantai Teluk Hijau 

Nur Rohmah mengatakan, ada dua alternatif rute menuju Pantai Teluk Hijau. Pertama, wisatawan bisa melalui pintu masuk Pantai Rajegwesi yang juga berada di TN Meru Betiri. 

Dari Pantai Rajegwesi, pengunjung bisa naik perahu selama kurang lebih 15 menit. Tarif naik perahu dari Pantai Rajegwesi ke Pantai Teluk Hijau adalah Rp 35.000 per orang.

“Masyarakat yang mengelola jasa transportasi laut, jadi kami sudah berikan izin ke masyarakat untuk mengelolanya,” katanya. 

Kedua, wisatawan bisa langsung menuju lokasi Pantai Teluk Hijau. Namun, pengunjung harus berjalan kaki melalui jalan yang cukup terjal sejauh 1 kilometer (km), dengan waktu tempuh 30-1 jam. 

“Kalau jalan kaki, pengunjung bisa lewat tangga yang sudah disediakan kan turun, nah nanti pulangnya naik,” ujarnya. 

Berdasarkan informasi dari Kompas.com (16/5/2019), wisatawan yang berjalan kaki akan melalui jalan setapak di tengah hutan. Selain itu, wisatawan harus meniti jalanan curam di antara batu karang dan akar-akar pohon yang menjalar. 

Sebelum mencapai Pantai Teluk Hijau, wisatawan terlebih dahulu menemukan Pantai Batu, yang dipenuhi dengan bebatuan kecil. Lokasi Pantai Teluk Hijau tak jauh dari Pantai Batu ini. 

Baca juga: Itinerary Sehari di Alas Purwo Banyuwangi, Lepas dari Kesan Mistis 

Baca juga: Taman Gandrung Terakota, Taman Unik Tempat 1.000 Penari di Banyuwangi

Perjalanan diakhiri dengan dua batuan karang yang saling berhadapan. Selanjutnya, wisatawan akan tiba di Pantai Teluk Hijau. Namun demikian, perjalanan panjang tersebut terbayar lunas dengan panorama Pantai Teluk Hijau. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com