Kompas.com - 28/05/2022, 11:12 WIB

KOMPAS.com - Pantai Teluk Hijau merupakan wisata pantai yang berada di Taman Nasional (TN) Meru Betiri, Banyuwangi. Pantai ini merupakan surga tersembunyi karena lokasinya masih asri dan aksesnya cukup menantang. 

Seksi Pengendalian Ekosistem Hutan Madya Taman Nasional Meru Betiri Nur Rohmah mengatakan daya tarik Pantai Teluk Hijau adalah air laut yang berwarna hijau, sesuai dengan namanya.

Fenomena ini tentunya unik dan berbeda dengan air laut pada umumnya yang biasanya berwarna biru.

Baca juga: Pantai Pulau Merah Banyuwangi, Terkenal dengan Sunset Berwarna Merah

“Daya tarik Teluk Hijau itu panorama alamnya, yang spesifik adalah warna air lautnya hijau, makanya disebut sebagai Teluk Hijau,” ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Jumat (27/5/2022).

Selain itu, Pantai Teluk Hijau mempunyai ombak yang besar karena berada di Samudera Indonesia, atau pantai selatan. Namun, wisatawan masih bisa melakukan snorkeling di tepi pantai yang cenderung aman. 

Pantai Teluk Hijau di Taman Nasional Meru Betiri BanyuwangiDok. https://merubetiri.id Pantai Teluk Hijau di Taman Nasional Meru Betiri Banyuwangi

“Kami tidak mengizinkan wisatawan untuk berenang di laut, karena pantai-pantai yang ada di TN Meru Betiri ini adalah  kawasan Samudera Indonesia, pantai selatan yang ombaknya besar jadi kami tidak izinkan untuk berenang,” ujarnya. 

Baca juga: Pantai Sukamade Banyuwangi, Bisa Lihat Penyu Bertelur pada Malam Hari 

Pantai Teluk Hijau memiliki pasir putih, sehingga sangat kontras dengan air lautnya yang berwarna hijau. Selain itu, kawasan pantai dikelilingi dengan batu karang dan pepohonan hijau. 

Rute ke Pantai Teluk Hijau 

Nur Rohmah mengatakan, ada dua alternatif rute menuju Pantai Teluk Hijau. Pertama, wisatawan bisa melalui pintu masuk Pantai Rajegwesi yang juga berada di TN Meru Betiri. 

Dari Pantai Rajegwesi, pengunjung bisa naik perahu selama kurang lebih 15 menit. Tarif naik perahu dari Pantai Rajegwesi ke Pantai Teluk Hijau adalah Rp 35.000 per orang.

“Masyarakat yang mengelola jasa transportasi laut, jadi kami sudah berikan izin ke masyarakat untuk mengelolanya,” katanya. 

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.