Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisata ke Kawasan Bunker Kaliadem Yogyakarta Tidak Harus Sewa Jip

Kompas.com - 28/05/2022, 21:05 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Baru-baru ini, beredar kabar seorang sopir mobil rental yang dipaksa parkir dan menyewa jip untuk menuju Bunker Kaliadem di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). 

Sebagaimana diberitakan oleh Kompas.com, Sabtu (28/5/2022), awalnya sopir tersebut hanya mengantar wisatawan ke Kaliurang. Lantaran belum puas, akhirnya mereka beranjak ke Bunker Kaliadem.

Baca juga: 

Namun, setelah membayar retribusi dan melanjutkan perjalanan menuju bunker, di tengah jalan mobilnya dicegat oleh seseorang yang memaksanya untuk menyewa jip.

Padahal, menurut pengakuan sopir, tidak ada keterangan apapun mengenai kewajiban sewa jip ini ketika ia melewati TPR (Tempat Pemungutan Retribusi).

Baca juga: 5 Tempat Wisata Ini Tunjukkan Dahsyatnya Erupsi Merapi

Wisatawan dipastikan tidak wajib sewa jip ke Bunker Kaliadem

Panorama Gunung Merapi dari bungker Kaliadem, Sleman, Yogyakarta.KOMPAS.com/SRI ANINDIATI NURSASTRI Panorama Gunung Merapi dari bungker Kaliadem, Sleman, Yogyakarta.

Menanggapi peristiwa tersebut, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Suparmono, buka suara. Ia menyampaikan bahwa kejadian itu merupakan ulah oknum.

Suparmono juga menegaskan, wisatawan yang berkunjung ke kawasan wisata Bunker Kaliadem tidak diwajibkan untuk menyewa jip, dan boleh membawa kendaraan pribadi.

"Tidak, itu hanyalah ulah oknum saja dan sudah diselesaikan di tingkat wilayah, lurah, camat, dan Kapolsek," kata Suparmono kepada Kompas.com, Sabtu.

Baca juga: Itinerary 3 Hari 2 Malam di Yogyakarta, Ada Lava Tour Merapi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com