Kompas.com - 28/05/2022, 21:05 WIB

KOMPAS.com - Baru-baru ini, beredar kabar seorang sopir mobil rental yang dipaksa parkir dan menyewa jip untuk menuju Bunker Kaliadem di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). 

Sebagaimana diberitakan oleh Kompas.com, Sabtu (28/5/2022), awalnya sopir tersebut hanya mengantar wisatawan ke Kaliurang. Lantaran belum puas, akhirnya mereka beranjak ke Bunker Kaliadem.

Baca juga: 

Namun, setelah membayar retribusi dan melanjutkan perjalanan menuju bunker, di tengah jalan mobilnya dicegat oleh seseorang yang memaksanya untuk menyewa jip.

Padahal, menurut pengakuan sopir, tidak ada keterangan apapun mengenai kewajiban sewa jip ini ketika ia melewati TPR (Tempat Pemungutan Retribusi).

Baca juga: 5 Tempat Wisata Ini Tunjukkan Dahsyatnya Erupsi Merapi

Wisatawan dipastikan tidak wajib sewa jip ke Bunker Kaliadem

Panorama Gunung Merapi dari bungker Kaliadem, Sleman, Yogyakarta.KOMPAS.com/SRI ANINDIATI NURSASTRI Panorama Gunung Merapi dari bungker Kaliadem, Sleman, Yogyakarta.

Menanggapi peristiwa tersebut, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Suparmono, buka suara. Ia menyampaikan bahwa kejadian itu merupakan ulah oknum.

Suparmono juga menegaskan, wisatawan yang berkunjung ke kawasan wisata Bunker Kaliadem tidak diwajibkan untuk menyewa jip, dan boleh membawa kendaraan pribadi.

"Tidak, itu hanyalah ulah oknum saja dan sudah diselesaikan di tingkat wilayah, lurah, camat, dan Kapolsek," kata Suparmono kepada Kompas.com, Sabtu.

Baca juga: Itinerary 3 Hari 2 Malam di Yogyakarta, Ada Lava Tour Merapi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.