Kompas.com - 28/05/2022, 22:04 WIB

KOMPAS.com - Bali tak hanya menawarkan tempat wisata pantai. Wisatawan juga bisa menikmati panorama gunung dan danau di Pulau Dewata, salah satunya di kawasan Bedugul. 

Kawasan Bedugul berada di Bali bagian tengah, tepatnya di Kabupaten Tabanan. Berada di ketinggian sekitar 1.500 meter di atas permukaan laut (mdpl) membuat kawasan Bedugul mempunyai udara yang lebih sejuk. 

Salah satu ikon wisata di kawasan Bedugul adalah Danau Beratan. Selain danau, Bedugul juga masih memiliki tempat wisata lainnya.

Berikut 10 wisata di Bedugul dan sekitarnya dengan banyak spot foto Instagramable. 

Baca juga:

1. Danau Beratan Bedugul 

Pemandangan Danau Beratan dari jalur trekking Gunung CaturKompas.com/Sastri Pemandangan Danau Beratan dari jalur trekking Gunung Catur

Danau Beratan Bedugul merupakan danau terluas dan terbesar kedua di Pulau Bali, setelah Danau Batur. Berdasarkan informasi dari Tribunnews Wiki, danau ini memiliki luas 375,6 hektare dengan kedalaman antara 22-48 meter.

Danau yang juga kerap disebut Danau Bedugul ini dikelilingi gunung dan perbukitan.

Dilaporkan oleh Kompas.com, Jumat (11/9/2020), ada beragam aktivitas yang dapat dilakukan pengunjung di Danau Beratan. Meliputi, berkeliling naik sampan atau perahu, melihat hewan, makan di restoran sembari menikmati pemandangan, belanja cendera mata, dan berkunjung ke pura. 

Lokasinya pun cukup strategis karena berada di jalan provinsi yang menghubungkan Denpasar-Singaraja. Dari Denpasar, jaraknya 54 kilometer dengan waktu tempuh kira-kira 1 jam 40 menit. 

Baca juga: Pesona 3 Danau di Bali yang Terbentuk dari Letusan Gunung Lesung

2. Pura Ulun Danu Beratan

Ilustrasi Pura Ulun Danu Beratan di Kabupaten Tabanan, Bali.UNSPLASH/Nick Fewings Ilustrasi Pura Ulun Danu Beratan di Kabupaten Tabanan, Bali.

Seperti disampaikan sebelumnya, terdapat pura di Danau Beratan, yaitu Pura Ulun Danu. Tempat ibadah umat Hindu ini ibarat mahkota bagi Danau Beratan. 

Pura Ulun Danu atau Pura Penataran Agung Ulun Danu adalah salah satu  dari sembilan Pura Khayangan Jagat yang mengelilingi Pulau Bali.

Dikutip dari situs web Ulun Danu Beratan, pura ini dibangun oleh I Gusti Agung Putu, Raja Puri Mengwi pertama pada Tahun Saka 1556 atau 1634 Masehi. 

Pura ini terdiri dari lima kompleks, yakni Penataran Agung, Prajapati, Dalem Purwa, Taman Beji, Lingga Petak, dan satunya merupakan stupa Buddha. Hingga saat ini, Pura Ulun Danu Beratan masih digunakan untuk tempat sembahyang umat Hindu.

Baca juga: Pura Ulun Danu, Mahkota Danau Beratan

3. Kebun Raya Bedugul 

Kebun Raya Bali.DOK. SHUTTERSTOCK Kebun Raya Bali.

Jika kamu ingin menikmati wisata selain pantai, maka cobalah untuk mengunjungi Kebun Raya Bedugul. Lokasinya berada di Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan. 

Dikutip dari Kompas.com, Kamis (22/5/2022), kebun raya seluas 157,5 hektare ini berada di ketinggian 1.240 mdpl. Tempat ini tidak hanya berfungsi sebagai tempat wisata, namun juga tempat konservasi dan edukasi.

Kebun Raya Bedugul diresmikan pada tahun 1959 dengan nama Kebun Raya Eka Bali. Namun, saat ini lebih dikenal sebagai Kebun Raya Bedugul atau Kebun Raya Bali.

Selain berwisata, pengunjung juga bisa lebih dekat dengan alam selama berada di Kebun Raya Bedugul. Tempat wisata ini memiliki beberapa wahana, seperti Taman Usada, Taman Surya Nirwana, Taman Paku, Ramayana Boulevard, Rumah Kaca Begonia, Taman Rhododendron, Taman Mawar, dan Taman Bambu. 

Baca juga: Lagi Tren, Ini 6 Spot Campervan Kece di Bali

4. Kebun Strawberry Bedugul

Berada di datarang tinggi, membuat kawasan Bedugul menjadi tempat yang cocok untuk menanam buah stroberi. Wisatawan yang berkunjung ke Bedugul bisa menikmati pengalaman memetik buah stroberi langsung dari pohonnya. 

Dilansir dari Tribunnews Bali, Selasa (26/10/2021), terdapat sejumlah tempat yang menyediakan fasilitas petik stroberi. Salah satunya adalah Bali Strawberry Farm & Resto.

Selain bisa memetik buah stroberi langsung dari pohonnya, pengunjung juga bisa menyicipi berbagai olahan buah ini. Pengunjung bisa memetik stroberi sepuasnya, kemudian ditimbang sebelum dibawa pulang. 

Baca juga: Ide Road Trip 4 Hari di Bali, Cocok Buat Self-Healing

5. Rumah Gemuk

Tempat wisata bernama Rumah Gemuk yang berlokasi di Kabupaten Tabanan, Bali (dok. Rumah Gemuk/Credit: Instagram @kevinpchandra).dok. Rumah Gemuk/Credit: Instagram @kevinpchandra Tempat wisata bernama Rumah Gemuk yang berlokasi di Kabupaten Tabanan, Bali (dok. Rumah Gemuk/Credit: Instagram @kevinpchandra).

Rumah Gemuk merupakan restoran dengan konsep taman serta dilengkapi dengan spot Instagramable. Tempat ini menghadirkan panorama Danau Beratan Bedugul, dikutip dari Kompas.com, Jumat (22/1/2021).

Salah satu daya tarik Rumah Gemuk adalah rumah kaca yang berisi taman. Wisatawan bisa menikmati aneka tanaman dan bunga di rumah kaca tersebut. 

Rumah kaca tersebut merupakan lokasi restoran, sehingga wisatawan bisa bersantap dengan sensasi di tengah taman. Lokasinya berada di Jalan Drupadi nomor 2, Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan. 

Baca juga: Rumah Gemuk Bali, Tempat Wisata Bernuansa Romantis di Tabanan

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.