Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Wisata Bedugul Bali, Banyak Spot Foto Instagramable  

Kompas.com - Diperbarui 10/01/2023, 06:20 WIB
Ulfa Arieza ,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bali tak hanya menawarkan tempat wisata pantai, tapi juga gunung dan danau, salah satunya di kawasan Bedugul. 

Kawasan Bedugul berada di Bali bagian tengah, tepatnya di Kabupaten Tabanan. Berlokasi di ketinggian sekitar 1.500 meter di atas permukaan laut (mdpl) membuat kawasan ini mempunyai udara yang lebih sejuk. 

Baca juga:

Salah satu icon wisata di kawasan Bedugul adalah Danau Beratan. Selain danau, Bedugul juga masih memiliki tempat wisata lainnya.

Tempat wisata Bedugul dan sekitarnya yang Instagramable

1. Danau Beratan Bedugul 

Pemandangan Danau Beratan dari jalur trekking Gunung CaturKompas.com/Sastri Pemandangan Danau Beratan dari jalur trekking Gunung Catur

Danau Beratan Bedugul merupakan danau terluas dan terbesar kedua di Pulau Bali, setelah Danau Batur. Berdasarkan informasi dari Tribunnewswiki, danau ini memiliki luas 375,6 hektar dengan kedalaman 22-48 meter.

Danau yang juga kerap disebut Danau Bedugul ini dikelilingi gunung dan perbukitan.

Baca juga: Pesona 3 Danau di Bali yang Terbentuk dari Letusan Gunung Lesung

Dilaporkan oleh Kompas.com, Jumat (11/9/2020), ada beragam aktivitas yang dapat dilakukan pengunjung di Danau Beratan. Di antaranya berkeliling naik sampan atau perahu, melihat hewan, makan di restoran sembari menikmati pemandangan, belanja cendera mata, dan berkunjung ke pura. 

Lokasinya pun cukup strategis karena berada di jalan provinsi yang menghubungkan Denpasar-Singaraja. Dari Denpasar, jaraknya 54 kilometer dengan waktu tempuh kira-kira 1 jam 40 menit. 

2. Pura Ulun Danu Beratan

Ilustrasi Pura Ulun Danu Beratan di Kabupaten Tabanan, Bali.UNSPLASH/Nick Fewings Ilustrasi Pura Ulun Danu Beratan di Kabupaten Tabanan, Bali.

Pura Ulun Danu atau Pura Penataran Agung Ulun Danu adalah salah satu  dari sembilan Pura Khayangan Jagat yang mengelilingi Pulau Bali.

Dikutip dari situs web Ulun Danu Beratan, pura ini dibangun oleh I Gusti Agung Putu, Raja Puri Mengwi pertama pada Tahun Saka 1556 atau 1634 Masehi. 

Baca juga: 43.680 Wisatawan Kunjungi Ulun Danu Beratan Sepanjang Oktober 2022

Pura ini terdiri dari lima kompleks, yakni Penataran Agung, Prajapati, Dalem Purwa, Taman Beji, Lingga Petak, dan satunya merupakan stupa Buddha. Hingga saat ini, Pura Ulun Danu Beratan masih digunakan untuk tempat sembahyang umat Hindu.

Selain itu, Pura Ulun Danu juga pernah diabadikan dalam uang pecahan Rp 50.000 

3. Kebun Raya Bedugul 

Kebun Raya Bali.DOK. SHUTTERSTOCK Kebun Raya Bali.

Jika kamu ingin menikmati wisata selain pantai, maka cobalah untuk mengunjungi Kebun Raya Bedugul. Lokasinya berada di Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan. 

Dikutip dari Kompas.com, Kamis (22/5/2022), kebun raya seluas 157,5 hektar ini berada di ketinggian 1.240 mdpl. Tempat ini tidak hanya berfungsi sebagai tempat wisata, namun juga tempat konservasi dan edukasi.

Baca juga: Panduan Wisata Kebun Raya Bedugul Bali, Tiket, Jam Buka, dan Rute 

Kebun Raya Bedugul diresmikan pada tahun 1959 dengan nama Kebun Raya Eka Bali. Namun, saat ini lebih dikenal sebagai Kebun Raya Bedugul atau Kebun Raya Bali.

Selain berwisata, pengunjung juga bisa lebih dekat dengan alam selama berada di Kebun Raya Bedugul. Tempat wisata ini memiliki beberapa area, antara lain Taman Usada, Taman Surya Nirwana, Taman Paku, Ramayana Boulevard, Rumah Kaca Begonia, Taman Rhododendron, Taman Mawar, dan Taman Bambu. 

4. Wisata petik stroberi

Berada di datarang tinggi, membuat kawasan Bedugul dan sekitarnya menjadi tempat yang cocok untuk menanam buah stroberi.

Wisatawan pun dapat menikmati pengalaman memetik buah stroberi langsung dari pohonnya. 

Terdapat beberapa tempat di kawasan ini yang menyediakan aktivitas memetik buah stroberi, antara lain Cukup Farm di Kabupaten Buleleng, Leon's Strawberry di Kabupaten Buleleng, dan Bali Strawberry Farm & Resto di Kabupaten Tabanan.

Baca juga: Ide Road Trip 4 Hari di Bali, Cocok Buat Self-Healing

5. Rumah Gemuk

Tempat wisata bernama Rumah Gemuk yang berlokasi di Kabupaten Tabanan, Bali (dok. Rumah Gemuk/Credit: Instagram @kevinpchandra).dok. Rumah Gemuk/Credit: Instagram @kevinpchandra Tempat wisata bernama Rumah Gemuk yang berlokasi di Kabupaten Tabanan, Bali (dok. Rumah Gemuk/Credit: Instagram @kevinpchandra).

Rumah Gemuk merupakan restoran dengan konsep taman serta dilengkapi dengan spot Instagramable. Tempat ini menghadirkan panorama Danau Beratan Bedugul, dikutip dari Kompas.com, Jumat (22/1/2021).

Salah satu daya tarik Rumah Gemuk adalah rumah kaca yang berisi taman. Rumah kaca tersebut merupakan lokasi restoran sehingga wisatawan bisa bersantap dengan sensasi di tengah taman.

Lokasinya berada di Jalan Drupadi nomor 2, Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan. 

Baca juga: Rumah Gemuk Bali, Tempat Wisata Bernuansa Romantis di Tabanan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com