Kompas.com - 30/05/2022, 12:05 WIB

KOMPAS.com - Operator kereta api Prancis SNCF dan operator kereta api Jerman Deutsche Bahn berencana meluncurkan kereta berkecepatan tinggi (high-speed train), yang melayani jalur langsung antara Paris dan Berlin pada akhir tahun 2023.

"Kami ingin meluncurkan kereta TGV Paris-Berlin pada Desember 2023," kata CEO SNCF Jean-Pierre Farandou kepada AFP, dikutip dari Euronews, Minggu (29/5/2022).

Menurutnya, rute baru ini dibuat karena semakin banyak orang yang berminat untuk melakukan perjalanan menggunakan kereta api.

Baca juga: Infinity Train, Kereta dengan Tenaga Gravitasi Pertama di Dunia yang Bebas Emisi

"Masuk akal karena kami melihat bahwa orang-orang bersedia melakukan perjalanan yang lebih lama. Benar-benar ada orang yang mau menghabiskan lima jam, enam jam, tujuh jam di kereta api," tuturnya.

Adapun rute langsung Paris ke Berlin ini memakan waktu selama tujuh jam.

Kendati waktu tempuhnya cukup panjang dan sempat dikhawatirkan tidak akan diminati penumpang, Jean-Pierre mengatakan bahwa saat ini semakin banyak orang memilih naik kereta untuk mengurangi mobilisasi dan melindungi alam.

Baca juga: Liburan Sambil Tidur di Kereta? Ini Rekomendasi Sleeper Train di Dunia

Sebagai informasi, SNCF dan Deutsche Bahn melayani kereta api berkecepatan tinggi antara Paris dan Jerman, namun terbatas di kota Frankfurt, Stuttgart, dan Mannheim.

Hingga saat ini, belum ada jalur langsung dari Paris ke ibu kota Jerman, yaitu Berlin, dilansir dari LonelyPlanet.

Oleh karena itu, kereta TGV Paris-Berlin yang akan diluncurkan pada tahun 2023 mendatang ini merupakan suatu hal yang baru. 

Direktur TGV-Intercités di SNCF, Alain Krakovitch mengatakan, untuk tahap awal, akan ada satu perjalanan pulang-pergi per hari untuk rute ini.

Baca juga: Pengalaman Naik Glacier Express, Kereta Panorama Premium di Swiss

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.