Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
PAREKRAF

Selain Likupang, Berikut 10 Destinasi Wisata Menakjubkan di Sulut yang Wajib Disambangi

Kompas.com - 30/05/2022, 12:27 WIB
Yakob Arfin Tyas Sasongko,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) sudah sejak lama menjadi salah satu tujuan destinasi wisata favortit di Tanah Air. Berbagai obyek serta kegiatan wisata tersedia di sana, mulai dari menyelam, snorkeling, hingga wisata rohani.

Adapun destinasi wisata di Sulut yang kini tengah naik daun adalah Likupang. Surga tersembunyi di Sulut ini dipilih pemerintah sebagai salah satu Destinasi Super Prioritas (DSP) untuk menarik wisatawan, baik nusantara maupun mancanegara.

Terletak di Kabupaten Minahasa Utara, Likupang menyimpan banyak keindahan alam dan budaya yang menarik untuk dijelajahi.

Seiring penetapan Likupang sebagai DSP membuat destinasi wisata lain di Sulut juga ikut naik pamor. Bagi Sobat Parekraf yang ingin mengunjungi Likupang, tidak ada salahnya untuk singgah sejenak ke beberapa destinasi wisata unggulan di Sulut lainnya.

Baca juga: Kemenparekraf Gandeng Mesut Oezil, Bidik Pasar Timur Tengah dan Eropa

Berikut Kompas.com rangkumkan 10 destinasi yang bisa Sobat Parekraf kunjungi sebelum ke Likupang.

1. Danau Linow

Keunikan Danau Linow terletak pada air danaunya yang bisa berubah-ubah. Terdapat tiga warna yang kerap muncul pada danau tersebut, yakni hijau, biru, dan kuning kecoklatan.

Ketika wisatawan tiba di kawasan Danau Lino akan disambut aroma belerang pekat. Konon bau ini muncul akibat sisa letusan Gunung Mahawu ratusan tahun silam.

2. Taman laut Bunaken

Taman Laut Bunaken merupakan destinasi wisata unggulan di Sulut yang menjadi Segitiga Terumbu Karang Dunia.

Baca juga: Campervan, Tren Liburan Anyar yang Makin Diminati Pencinta Road Trip

Pada 2005, Taman Laut Bunaken dinobatkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO dan menjadi lokasi incaran penyelam dari seluruh dunia. Hingga saat ini, Taman Laut Bunaken menjadi rumah lebih dari 3.000 jenis ikan, reptil, moluska, dan mamalia laut.

3. Pulau Manado Tua

Destinasi wisata di Sulut satu ini memiliki beragam pantai menarik, di antaranya Pantai Apeng Datu, Apeng Gugu, Apeng Salah, dan Batu Layar.

Adapun waktu terbaik untuk berlibur ke Pulau Manado Tua adalah saat nyare atau ketika air laut di posisi surut terendah. Pada momen ini, Sobat Parekraf dapat menikmati gugusan terumbu karang di permukaan pantai tanpa perlu menyelam.

4. Air terjun Kima Atas

Air terjun Kima Atas bisa dibilang masih tersembunyi karena terletak di antara hutan yang hijau nan asri sehingga sepi pengunjung.

Baca juga: Bukan di Atas Ombak Laut Lepas, Begini Keseruan Bono Surfing di Sungai Kampar Riau

Meski begitu, panorama air terjun setinggi 8 meter dari air terjun Kima Atas tetap menawan. Di lokasi ini, Sobat Parekraf dapat berenang di kolam kecil yang terbentuk dari jatuhan air terjun Kima Atas.

5. Pulau Siladen

Pulau Siladen disebut-sebut sebagai surga bagi pencinta renang karena sifat air laut yang tenang dan jernih. Terletak di sebelah timur obyek wisata Bunaken, pemandangan bawah laut Pulau Siladen siap membuat wisatawan takjub.

Saat bertandang ke pulau tersebut, Sobat Parekraf dapat menyaksikan biota laut dan terumbu karang secara langsung tanpa harus menyelam terlalu dalam.

Terletak di sebelah timur wisata Bunaken, pemandangan bawah laut Pulau Siladen siap membuat wisatawan takjub.Dok. Shutterstock Terletak di sebelah timur wisata Bunaken, pemandangan bawah laut Pulau Siladen siap membuat wisatawan takjub.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com