Kompas.com - 30/05/2022, 14:04 WIB

KOMPAS.com - TikTok merupakan media sosial yang tengah populer dan telah diunduh lebih dari 500 juta pengguna di dunia.

Fungsi TikTok saat ini tak terbatas hanya untuk interaksi sosial. Lebih dari itu, TikTok rupanya juga memengaruhi tren perjalanan masyarakat.

Lewat TikTok, pengguna dapat mencari tips perjalanan, cara mendapat tiket murah, dan melihat tempat wisata paling populer di dunia.

Situs agen perjalanan, NextVacay, mengadakan survei mengenai destinasi wisata paling populer di TikTok.

Data diambil berdasarkan pencarian destinasi wisata terbanyak di platform media sosial tersebut selama setahun, dari Februari 2021 hingga Februari 2022. 

Kemudian, data yang berhasil dihimpun diolah dengan ulasan dari TripAdvisor untuk menentukan faktor lain, seperti cuaca lokasi, harga, dan keramaian. 

Baca juga: 

Adapun, dilansir dari Travel and Leisure, penelusuran video traveling di TikTok telah melonjak sebesar 350 persen.

"Pada 2022, pelancong milenial muda dan Gen-Z mengambil inspirasi perjalanan dari hal yang viral di media sosial, termasuk tips perjalanan dan travel hacks,” ujar perwakilan dari NextVacay dikutip dari Travel and Leisure.

Hasilnya, NextVacay merilis 10 destinasi wisata paling populer versi TikTok, sebagai berikut:

1. Disney World, Orlando, Amerika Serikat

Walt Disney World di Orlando, Florida (Facebook Walt Disney World).Facebook Walt Disney World Walt Disney World di Orlando, Florida (Facebook Walt Disney World).

Destinasi wisata paling populer di TikTok adalah Disney World di Orlando, Florida, Amerika Serikat. Video Disney World, Orlando, telah ditonton sebanyak 8,6 miliar orang. 

Dilaporkan oleh Kompas.com, Sabtu (11/12/2021), Disney World berada di atas lahan seluas 27.500 hektare.

Taman hiburan ini memiliki empat taman utama yaitu Magic Kingdom, Epcot, Disney's Hollywood Studios, dan Disney's Animal Kingdom. 

Saking luasnya, butuh waktu hingga sepekan untuk menikmati seluruh atraksi di Disney World. Untungnya, taman ini menyediakan sistem transportasi gratis yang dapat mengantar pengunjung antara lain bus, feri, dan monorel. 

Selain itu, Disney World dilengkapi dengan lebih dari 25 hotel dari harga yang terjangkau hingga vila mewah di Disney's Polynesian Villas & Bungalows.

Baca juga: Jangan Salah, Ini Bedanya Disneyland dan Disney World

2. Burj Khalifa, Dubai, Uni Emirat Arab

Ilustrasi Uni Emirat Arab - Pemandangan Burj Khalifa.SHUTTERSTOCK/Tomasz Czajkowski Ilustrasi Uni Emirat Arab - Pemandangan Burj Khalifa.

Destinasi dengan predikat tempat wisata paling populer nomor dua di TikTok adalah Burj Khalifa di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA). Gedung tertinggi di dunia ini telah tayang sebanyak 1,9 miliar kali. 

Pencakar langit ini menjulang setinggi 828 meter, berdasarkan informasi dari Kompas.com, Minggu (25/4/2021). Gedung ini mulai dibangun pada 6 Januari 2004, lalu diresmikan enam tahun kemudian pada 4 Januari 2010. 

Burj Khalifa berfungsi sebaga gedung serba guna di Dubai. Terdapat 162 lantai, yang setiap lantainya menawarkan berbagai hiburan. Mulai dari tempat makan, pusat perbelanjaan, perpustakaan, wisata, tempat relaksasi, hingga hotel. 

Baca juga: Serunya Naik ke Burj Khalifa Dubai, Gedung Tertinggi di Dunia!

3. Menara Eiffel, Perancis

Ilustrasi Perancis - Menara Eiffel di Paris, Perancis (Photo by Anthony DELANOIX on Unsplash).Photo by Anthony DELANOIX on Unsplash Ilustrasi Perancis - Menara Eiffel di Paris, Perancis (Photo by Anthony DELANOIX on Unsplash).

Ikon Kota Paris, Perancis, ini telah tayang sebanyak 719 juta kali di TikTok. Menara besi ini memiliki tinggi mencapai 330 meter, berdasarkan informasi dari Kompas.com, Rabu (23/3/2022). 

Setiap wisatawan yang berkunjung ke Paris tentunya tidak ingin melewatkan untuk berfoto dengan latar belakang Menara Eiffel.

Nama Menara Eiffel diambil dari nama mendiang sang arsitektur, Gustave Eiffel, yang telah meninggal pada 1923 silam.

Bangunan ini memiliki 336 lampu sorot berwarna kuning keemasan. Menara Eiffel biasanya bermandikan cahaya ketika malam hari selama lima menit setiap jam hingga pukul 01.00 dini hari waktu setempat.

Baca juga: Foto Menara Eiffel di Malam Hari Dilarang? Begini Penjelasannya

4. Taj Mahal, India 

Taj Mahal di India.UNSPLASH/Jovyn Chamb Taj Mahal di India.

Tempat wisata paling populer keempat di TikTok adalah Taj Mahal. Ikon negara India ini telah tayang di TikTok sebanyak 377 juta kali. 

Dilansir dari Kompas.comKamis (2/12/2021), Taj Mahal adalah monumen yang terletak di Kota Agra, India.

Taj Mahal dibangun oleh Raja Mughal, Shah Jahan, sebagai makam istrinya, Arjumand Banu Begum atau dikenal sebagai Mumtaz Mahal, yang berasal dari Persia. 

Mumtaz merupakan istri ketiga yang paling dicintai oleh sang raja karena cantik, setia, dan rela memiliki banyak anak. Mumtaz Mahal meninggal ketika melahirkan anak ke-14. 

Taj Mahal merupakan lambang cinta sekaligus dedikasi bagi Mumtaz Mahal. 

Baca juga: Rahasia Ruangan yang Terkunci di Taj Mahal, Benarkah Ada Kuil Hindu?

5. Grand Canyon, Arizona, Amerika Serikat

Pemandangan Grand Canyon dari sisi Barat.KOMPAS.com/ERLANGGA DJUMENA Pemandangan Grand Canyon dari sisi Barat.

Grand Canyon, Arizona menjadi destinasi wisata paling populer kelima di TikTok. Video tentang panoraman alam Grand Canyon telah tayang 273 juta kali dalam setahun. 

Berdasarkan informasi dari situs Visit Arizona, ngarai ini membentang sejauh 277 mil atau sekitar 446 kilometer. Daya tarik Grand Canyon adalah dinding batu kasar berwarna coklat yang mengelilingi ngarai tersebut. 

Warna coklat ngarai tersebut kontras dengan birunya Sungai Colorado yang mengalir di tengah ngarai. 

Baca juga: Mengunjungi Lembah Raksasa Grand Canyon

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.