Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
PAREKRAF

6 Ragam Budaya dan Destinasi Wisata Wajib Dikunjungi Dekat IKN

Kompas.com - 30/05/2022, 16:53 WIB
Hisnudita Hagiworo,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Berlokasi di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Ibu Kota Negara (IKN) baru diproyeksikan dapat meningkatkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia, khususnya di Kalimantan Timur.

Pasalnya, IKN baru yang diberi nama Nusantara tersebut memiliki banyak lokasi yang dapat menjadi daya tarik pariwisata.

Jika Anda menjelajah lebih dalam, IKN baru dikelilingi berbagai destinasi wisata dengan keindahan alam yang menawan serta adat istiadat yang masih dipegang teguh hingga sekarang.

Baca juga: Intip Fasilitas Kemah Jokowi di IKN, Ada Kamar Mandi dengan Shower

Sebelum benar-benar pindah, tidak ada salahnya Anda mengunjungi enam destinasi wisata dan menyaksikan langsung ragam budaya yang ada di Kalimantan Timur. Lokasinya dekat dengan IKN Nusantara. 

Desa Budaya Pampang

Destinasi wisata di Kalimantan Timur yang bisa Anda kunjungi pertama kali adalah Desa Budaya Pampang. Desa yang berlokasi di Kelurahan Sungai Siring, Samarinda Utara, ini menjadi rumah bagi penduduk Suku Dayak Apo Kayan dan Dayak Kenyah.

Meskipun harus memakan waktu tempuh hingga dua  jam dari IKN Nusantara, perjalanan panjang ke Desa Budaya Pampang tidak akan mengecewakan. Pasalnya, Anda bisa melihat berbagai pertunjukan tarian adat Suku Dayak, seperti Tari Bangen Tawai, Huqoq, dan Kancet Punan Lettu.

Kebun Raya Balikpapan

Kebun Raya Balikpapan menjadi salah satu destinasi wisata di sekitar IKN Nusantara yang wajib dikunjungi. Terletak di kawasan Hutan Lindung Sungai Wain, Kebun Raya Balikpapan menjadi tempat wisata, konservasi alam, sekaligus pelestarian flora asli Kalimantan yang hampir punah.

Baca juga: Selamat Datang di Kebun Raya Balikpapan

Berjarak sekitar satu jam dari IKN, Anda bisa menemukan ribuan spesies tanaman dan melihat berbagai koleksi anggrek langka. Berbagai jenis binatang liar, seperti rusa, orangutan, dan berbagai burung-burung asli Kalimantan juga dapat ditemukan di lokasi Kebun Raya Balikpapan.

Bukit Bangkirai

Hanya berjarak sekitar satu jam dari Kebun Raya Balikpapan atau 30 menit dari IKN Nusantara, Bukit Bangkirai menawarkan pemandangan hutan tropis yang rindang dan masih asri.

Daya tarik utama dari destinasi wisata yang berada di Kabupaten Kutai Kartanegara tersebut adalah Canopy Bridge, yaitu jembatan kayu dengan panjang lebih dari 50 meter dan menghubungkan lima pohon bangkirai.

Bukit Bangkirai di Kalimantan Timur. Dok. Shutterstock/Diana Pratiwi Bukit Bangkirai di Kalimantan Timur.

Pantai Tanah Merah Tanjung Harapan

Dengan menempuh satu jam perjalanan dari IKN Nusantara, Anda bisa berkunjung ke Pantai Tanah Merah Tanjung Harapan.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com