Kompas.com - 30/05/2022, 16:53 WIB

KOMPAS.com – Berlokasi di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Ibu Kota Negara (IKN) baru diproyeksikan dapat meningkatkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia, khususnya di Kalimantan Timur.

Pasalnya, IKN baru yang diberi nama Nusantara tersebut memiliki banyak lokasi yang dapat menjadi daya tarik pariwisata.

Jika Anda menjelajah lebih dalam, IKN baru dikelilingi berbagai destinasi wisata dengan keindahan alam yang menawan serta adat istiadat yang masih dipegang teguh hingga sekarang.

Baca juga: Intip Fasilitas Kemah Jokowi di IKN, Ada Kamar Mandi dengan Shower

Sebelum benar-benar pindah, tidak ada salahnya Anda mengunjungi enam destinasi wisata dan menyaksikan langsung ragam budaya yang ada di Kalimantan Timur. Lokasinya dekat dengan IKN Nusantara. 

Desa Budaya Pampang

Destinasi wisata di Kalimantan Timur yang bisa Anda kunjungi pertama kali adalah Desa Budaya Pampang. Desa yang berlokasi di Kelurahan Sungai Siring, Samarinda Utara, ini menjadi rumah bagi penduduk Suku Dayak Apo Kayan dan Dayak Kenyah.

Meskipun harus memakan waktu tempuh hingga dua  jam dari IKN Nusantara, perjalanan panjang ke Desa Budaya Pampang tidak akan mengecewakan. Pasalnya, Anda bisa melihat berbagai pertunjukan tarian adat Suku Dayak, seperti Tari Bangen Tawai, Huqoq, dan Kancet Punan Lettu.

Kebun Raya Balikpapan

Kebun Raya Balikpapan menjadi salah satu destinasi wisata di sekitar IKN Nusantara yang wajib dikunjungi. Terletak di kawasan Hutan Lindung Sungai Wain, Kebun Raya Balikpapan menjadi tempat wisata, konservasi alam, sekaligus pelestarian flora asli Kalimantan yang hampir punah.

Baca juga: Selamat Datang di Kebun Raya Balikpapan

Berjarak sekitar satu jam dari IKN, Anda bisa menemukan ribuan spesies tanaman dan melihat berbagai koleksi anggrek langka. Berbagai jenis binatang liar, seperti rusa, orangutan, dan berbagai burung-burung asli Kalimantan juga dapat ditemukan di lokasi Kebun Raya Balikpapan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.