Kompas.com - 31/05/2022, 17:02 WIB

KOMPAS.com - Sekretaris Kementerian Kesehatan Thailand, Kiattiphum Wongrajit, menyampaikan bahwa Thailand berencana mencabut aturan wajib memakai masker mulai pertengahan Juni tahun ini.

Dalam konferensi pers di Hotel Diamond Plaza, Thailand selatan, Selasa (24/5/2022), Kiattiphum menjelaskan, pihak kementerian sedang mempertimbangkan untuk mencabut aturan wajib masker karena situasi pandemi Covid-19 Thailand yang kian membaik.

Kendati aturan wajib masker dicabut, kementerian tetap menganjurkan masyarakat untuk mengenakan masker saat kondisi tertentu, dikutip dari The Thaiger dari Matichon, Selasa (31/5/2022). 

Di antaranya jika sedang terinfeksi Covid-19 dan berada dalam kelompok berisiko tinggi, lalu saat berada di ruang tertutup dan kurang ventilasi, serta di tempat ramai.

Baca juga: Nama Asli Bangkok Thailand yang Jadi Nama Kota Terpanjang di Dunia

Adapun pencabutan aturan wajib masker dapat menjadi peran penting bagi pemulihan industri pariwisata Thailand.

Para wisatawan dinilai kerap enggan bepergian karena merasa berisiko terkena masalah jika tidak mengenakan masker, terutama di ruang terbuka seperti pantai.

Apalagi sebelumnya, menolak memakai masker bisa membuat seseorang didenda 20.000 baht (sekitar Rp 8,5 juta) di Negeri Gajah Putih ini. 

Pada konferensi tersebut, kementerian juga menegaskan kembali bahwa Thailand berencana untuk menyatakan Covid-19 sebagai penyakit endemik dalam beberapa bulan mendatang. 

Baca juga: 

Bebas pakai masker hanya berlaku di area tertentu

Terkait kabar bahwa mandat masker Thailand bisa dicabut mulai bulan depan, Kiattiphum kemudian menyampaikan klarifikasi bahwa kebijakan ini hanya dapat berlaku di area tertentu.

Ia menambahkan, aturan bebas masker adalah salah satu pilihan, tetapi akan ada beberapa pengecualian jika hal ini terjadi.

Kebijakan wajib masker hanya dapat dicabut di daerah dengan tingkat infeksi rendah dan saat  sebagian besar orang telah divaksinasi penuh, sebagaimana dilaporkan oleh Bangkok Post, Kamis (26/5/2022). 

Baca juga: Bandara Ngurah Rai Bali Tambah 8 Rute Internasional, Ada Thailand

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.