Kompas.com - 01/06/2022, 18:05 WIB

SYDNEY, KOMPAS.com - Apabila berencana untuk liburan ke Australia, khususnya Sydney dan sekitarnya, kamu tentu bisa bepergian dengan menggunakan transportasi umum.

Di kota terpadat Australia tersebut, transportasi umum seperti bus, kereta api bawah tanah, dan tram sangat nyaman.

Baca juga: 4 Museum Gratis di Sydney, Bisa Mampir Saat Liburan

Bahkan, kamu juga bisa menggunakan kapal feri untuk menyeberang kawasan di kota Sydney. Sebab, kapal feri juga merupakan salah satu transportasi penting di Sydney.

Nah, untuk memudahkan kamu menjelajah kota Sydney dengan menggunakan transportasi publik, sebaiknya kamu menggunakan kartu Opal alias Opal Card reusable yang bisa digunakan berkali-kali.

Opal adalah sistem pembayaran nirkontak untuk layanan transportasi publik di kawasan kota Sydney dan sebagian besar kawasan urban di negara bagian New South Wales, Australia.

Baca juga: Pengalaman Puasa di Sydney, Berburu Jajanan di Festival Ramadhan

Kartu Opal, kartu pembayaran transportasi umum terintegrasi di New South Wales, Australia.KOMPAS.com/SAKINA RAKHMA DIAH SETIAWAN Kartu Opal, kartu pembayaran transportasi umum terintegrasi di New South Wales, Australia.

Operasional sistem Opal ini dikelola oleh otoritas transportasi pemerintah New South Wales atau Transport for NSW.

Sederhananya, kartu Opal ini layaknya kartu multitrip KRL Commuter Line atau MRT Jakarta.

Dengan memiliki kartu Opal, maka kamu bisa dengan mudah naik dan turun transportasi publik di Sydney, seperti kereta api, bus, tram, dan feri. Kamu tinggal tap on saat akan naik dan tap off saat akan turun.

Baca juga: Garuda Indonesia Layani Rute Sydney - Denpasar Bali

Untuk memiliki kartu Opal ini, kamu bisa membelinya di banyak titik penjualan di penjuru kota Sydney. Misalnya, ada konter penjualan kartu Opal di Sydney International Airport.

Selain itu, sesuai pengalaman Kompas Travel saat berkunjung dan berlibur di Sydney, kamu bisa membeli kartu Opal baru di pasar swalayan, seperti Coles atau Woolworths.

Ada beberapa jenis kartu Opal yang dijual, termasuk Adult alias untuk dewasa (berwarna hitam), untuk Youth atau anak-anak dan remaja (hijau), manula atau Senior/Pensioner (emas), pegawai atau Employee (biru), dan pelajar atau School (biru muda).

 

Baca juga: Australia Bidik Wisatawan Asing dari 15 Negara, Termasuk Indonesia

Disarankan membeli jenis kartu untuk dewasa atau anak-anak dan remaja jika menggunakannya sebagai turis.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.