Kunjungan Turis Indonesia ke Australia Diprediksi Pulih pada Juni 2022

Kompas.com - 01/06/2022, 18:32 WIB

KOMPAS.com - Tourism Australia memprediksi jumlah kunjungan wisatawan nasional asal Indonesia ke Australia akan pulih di atas 30 persen pada bulan Juni 2022.

Prediksi tersebut dilihat dari pelayanan langsung dari Indonesia ke Australia. Di antaranya dari Jakarta ke Sydney dan dari Bali ke Perth. 

Selain itu, ada pula puncak musim liburan wisatawan nasional dan pelonggaran sejumlah syarat masuk ke Negeri Kanguru.

Adapun puncak musim liburan wisatawan nasional dari Indonesia adalah pada bulan Desember, Juni, dan Juli. 

Baca juga:

Sementara itu, wisatawan asing yang telah divaksinasi dosis penuh (fully vaccinated) dengan jenis vaksin Covid-19 yang disetujui oleh Badan Pengawasan Obat-obatan Australia (Therapeutic Goods Administration atau TGA), dapat melakukan perjalanan ke Australia. 

"Pengertian fully vaccinated adalah sudah divaksinasi sebanyak dua kali dengan vaksin yang di-approved (disetujui) oleh badan TGA. Nah, semua vaksin yang berada di Indonesia itu diakui oleh pemerintah Australia, jadi sudah aman," jelas Country Manager Indonesia, Tourism Australia, Agitya Nuraini, kepada Kompas.com, Selasa (31/5/2022). 

Kendati demikian, terkait syarat karantina, calon pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) diimbau untuk tetap mengecek syarat yang berlaku di negara bagian atau wilayah yang akan dituju. 

Dilansir dari situs smartraveller.gov.au, setiap negara bagian atau wilayah memiliki syarat perbatasan internasional, jumlah kedatangan internasional, dan karantina masing-masing.

New South Wales, misalnya, mewajibkan PPLN untuk melakukan tes Covid-19 mandiri, termasuk rapid antigen, di akomodasi masing-masing dalam 24 jam setibanya di negara bagian tersebut.

PPLN pun diwajibkan tetap di akomodasi mereka hingga menerima hasil negatif dari tes Covid-19, dikutip dari situs nsw.gov.au.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.