Kompas.com - 02/06/2022, 18:04 WIB

KOMPAS.com - Ibu Kota Negara (IKN) Indonesia secara resmi akan berpindah dari DKI Jakarta ke IKN Nusantara. Lokasinya berada di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (Kaltim). 

Pada Senin (14/3/2022), Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah melangsungkan prosesi penyatuan tanah dan air dari 34 provinsi ke dalam kendi nusantara. Selain itu, pemerintah memastikan pembangunan IKN Nusantara akan dimulai pada semester II tahun 2022 ini. 

Salah satu daya tarik IKN Nusantara adalah bentang alamnya. Tak heran, ada sejumlah wisata alam yang berada di sekitar IKN Nusantara. 

Kalimantan Timur juga kental akan budayanya, mulai dari suku adat, rumah adat, dan tarian adat. Berikut wisata di sekitar IKN Nusantara yang dihimpun Kompas.com

Baca juga:

1. Titik Nol IKN Nusantara

Titik Nol IKN Nusantara ramai dikunjungi masyarakat yang ingin melihat secara langsung lokasi yang akan dijadikan Pusat Pemerintahan itu.KOMPAS.COM/Ahmad Riyadi Titik Nol IKN Nusantara ramai dikunjungi masyarakat yang ingin melihat secara langsung lokasi yang akan dijadikan Pusat Pemerintahan itu.

Titik Nol IKN Nusantara merupakan penanda pusat ibu kota baru nantinya. Lokasi ini mulai menyedot perhatian publik sejak dilaksanakannya ritual penyatuan tanah dan air dari 34 provinsi ke dalam kendi nusantara, Senin (14/3/2022) lalu. 

Dilaporkan Kompas.com, Kamis (5/5/2022), Titik Nol IKN Nusantara menjadi obyek wisata bagi masyarakat sekitar. Lokasi ini selalu dipadati pengunjung pada akhir pekan dan Hari Libur Nasional.

Bahkan, pada libur Lebaran 2022 lalu, ribuan pengunjung memadati area tersebut. Mereka ingin menyaksikan calon pusat ibu kota negara nantinya.

2. Bukit Bangkirai 

Terios 7 Wonders 2022 Eksplorasi Kalimantan Bukit BangkiraiKOMPAS.com/STANLY RAVEL Terios 7 Wonders 2022 Eksplorasi Kalimantan Bukit Bangkirai

Bukit Bangkirai merupakan hutan seluas 510 hektare yang merupakan bagian dari wilayah konsesi PT Inhutani seluas 19.000 hektare. 

Terdapat ribuan jenis pohon yang menyelimuti Bukit Bangkirai, dilansir dari Kompas.com, Senin (28/10/2019). Jenis pohon yang mendominasi hutan alami ini adalah pohon bangkirai dan pohon merantai.  

Selain itu, ada tanaman obat-obatan seperti kayu bajakah, serta jenis tumbuhan obat-obatan lainnya. Pengunjung juga bisa menyeberangi Canopy Brigde sepanjang 64 meter. 

Jembatan gantung ini berada di ketinggian 25 sampai 30 meter. Saat melintasi Canopy Brigde, wisatawan bisa menyaksikan pemandangan hutan. 

Ada pula fasilitas wisata hutan lainnya, antara lain flying fox, swing line, wall climbing, dan jembatan jaring. Lokasi Bukit Bangkirai ini berada di Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. 

Dari lokasi Titik Nol IKN Nusantara, jaraknya 17 kilometer dengan waktu tempuh kira-kira 1 jam 15 menit. 

Baca juga:

3. Desa Wisata Mentawir

Desa Wisata Mentawir Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan TimurDok. https://jadesta.kemenparekraf.go.id Desa Wisata Mentawir Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur

Desa Wisata Mentawir mempunyai sejumlah obyek wisata alam yang menjadi daya tariknya. Dikutip dari laman Jejaring Desa Wisata Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), daya tarik desa wisata ini adalah kawasan Teluk Balikpapan, hutan mangrove, arung jeram Sungai Mentawir, hutan bambu, dan hutan tropis.

Selain wisata alam, pengunjung juga bisa melihat langsung budaya suku paser, salah satunya tari ronggeng. Wisatawan juga bisa menyicipi hidangan laut dan sirup mangrove khas Desa Wisata Mentawir. 

Sebelum pulang, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh hasil kerajinan tangan dari bambu buatan masyarakat desa. Lokasi Desa Wisata Mentawir berada di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Jarak Titik Nol IKN ke Desa Wisata Mentawir adalah 40 kilometer, dengan durasi perjalanan sekitar 1 jam 17 menit.  

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.