Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perayaan Platinum Jubilee, Foto Ratu Elizabeth II Dipajang di Stonehenge

Kompas.com - 02/06/2022, 22:04 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

Sumber CNN,USA Today

KOMPAS.com - Jelang perayaan Platinum Jubilee, barisan batu raksasa bersejarah Stonehenge di Inggris tampak menyala dengan gambar wajah Ratu Elizabeth II.

Adapun Stonehenge merupakan kompleks batu-batu berukuran besar dan tinggi yang berusia sekitar 5.000 tahun, dilansir dari CNN, Kamis (2/6/2022).

Sebagai informasi, Platinum Jubilee adalah perayaan untuk menandai pemerintahan Ratu Elizabeth II, yang telah menjadi pemimpin Kerajaan Inggris selama tujuh dekade atau 70 tahun.

Baca juga: Arti Platinum Jubilee di Inggris dan Fakta Menarik Ratu Elizabeth II

Dari laporan Kompas.com pada Selasa (31/05/2022), dalam perayaan tersebut, digelar serangkaian pesta kerajaan, parade, dan arak-arakan mulai hari Kamis hingga Minggu pekan ini.

Pada Senin (30/05/2022), sebuah badan amal pengelola situs bersejarah di Inggris bernama English Heritage, mengunggah kicauan di Twitter berisi gambar wajah Ratu Elizabeth II yang menghiasi batu-batu Stonehenge.

"Kami telah menyatukan dua ikon Inggris untuk menandai #PlatinumJubilee! Kami telah memproyeksikan delapan potret Ratu Elizabeth II ke Stonehenge," tulis akun Twitter English Heritage (@EnglishHeritage), dikutip dari USA Today, Kamis. 

"Setiap gambar berasal dari dekade yang berbeda dari pemerintahan Ratu," tambah akun tersebut. 

Baca juga: Sebelum Dibangun, Stonehenge Jadi Tempat Berburu Penting di Masa Mesolitikum

Delapan potret yang ditampilkan di Stonehenge termasuk foto dari penobatan Ratu pada tahun 1953, foto aksi saat ia menunggang kuda pada tahun 1960-an, penampilan di pertunjukan Kuda Royal Windsor pada tahun 2017, dan masih banyak lagi.

Mendapat respons beragam

Instalasi non-permanen tersebut dimaksudkan sebagai suatu "penghormatan yang memukau" kepada Ratu, meski nyatanya mendapat beragam tanggapan di media sosial, mulai dari yang bernada positif hingga negatif. 

Sebagian orang menilai potret Ratu Inggris di Stonehenge sebagai sesuatu yang "indah", namun sebagian lainnya mengolok-olok, karena menganggap Stonehenge sebagai tempat suci dan religius.

Stonehenge sendiri telah lama dipandang sebagai situs upacara pagan.

Baca juga: Apa Fungsi Stonehenge? Kini Ilmuwan Tahu Jawabannya

Halaman:
Sumber CNN,USA Today
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com