Kompas.com - 02/06/2022, 22:04 WIB

KOMPAS.com - Jelang perayaan Platinum Jubilee, barisan batu raksasa bersejarah Stonehenge di Inggris tampak menyala dengan gambar wajah Ratu Elizabeth II.

Adapun Stonehenge merupakan kompleks batu-batu berukuran besar dan tinggi yang berusia sekitar 5.000 tahun, dilansir dari CNN, Kamis (2/6/2022).

Sebagai informasi, Platinum Jubilee adalah perayaan untuk menandai pemerintahan Ratu Elizabeth II, yang telah menjadi pemimpin Kerajaan Inggris selama tujuh dekade atau 70 tahun.

Baca juga: Arti Platinum Jubilee di Inggris dan Fakta Menarik Ratu Elizabeth II

Dari laporan Kompas.com pada Selasa (31/05/2022), dalam perayaan tersebut, digelar serangkaian pesta kerajaan, parade, dan arak-arakan mulai hari Kamis hingga Minggu pekan ini.

Pada Senin (30/05/2022), sebuah badan amal pengelola situs bersejarah di Inggris bernama English Heritage, mengunggah kicauan di Twitter berisi gambar wajah Ratu Elizabeth II yang menghiasi batu-batu Stonehenge.

"Kami telah menyatukan dua ikon Inggris untuk menandai #PlatinumJubilee! Kami telah memproyeksikan delapan potret Ratu Elizabeth II ke Stonehenge," tulis akun Twitter English Heritage (@EnglishHeritage), dikutip dari USA Today, Kamis. 

"Setiap gambar berasal dari dekade yang berbeda dari pemerintahan Ratu," tambah akun tersebut. 

Baca juga: Sebelum Dibangun, Stonehenge Jadi Tempat Berburu Penting di Masa Mesolitikum

Delapan potret yang ditampilkan di Stonehenge termasuk foto dari penobatan Ratu pada tahun 1953, foto aksi saat ia menunggang kuda pada tahun 1960-an, penampilan di pertunjukan Kuda Royal Windsor pada tahun 2017, dan masih banyak lagi.

Mendapat respons beragam

Instalasi non-permanen tersebut dimaksudkan sebagai suatu "penghormatan yang memukau" kepada Ratu, meski nyatanya mendapat beragam tanggapan di media sosial, mulai dari yang bernada positif hingga negatif. 

Sebagian orang menilai potret Ratu Inggris di Stonehenge sebagai sesuatu yang "indah", namun sebagian lainnya mengolok-olok, karena menganggap Stonehenge sebagai tempat suci dan religius.

Stonehenge sendiri telah lama dipandang sebagai situs upacara pagan.

Baca juga: Apa Fungsi Stonehenge? Kini Ilmuwan Tahu Jawabannya

Halaman:
Sumber CNN,USA Today


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.