Ini Saran Pengamat Soal Indeks Pariwisata Indonesia yang Naik Peringkat

Kompas.com - 03/06/2022, 14:47 WIB

KOMPAS.com - Indonesia naik 12 peringkat ke posisi 32 dari 117 negara dalam Travel and Tourism Competitiveness Index (TTCI) 2021, yang baru dirilis oleh World Economic Forum pada Mei 2022.

Sementara itu, di kawasan Asia Pasifik, sektor pariwisata Indonesia berhasil menduduki peringkat delapan, dikutip dari Kompas.com pada Selasa (31/5/2022).

Menurut pengamat pariwisata Universitas Jenderal Soedirman, Chusmeru, prestasi ini merupakan suatu hal yang sangat membanggakan, terutama di tengah kondisi pandemi Covid-19.

Baca juga: Sandiaga: Indeks Pariwisata Indonesia Naik 12 Peringkat di Tengah Covid-19

"Capaian ini juga bisa diperoleh Indonesia karena kondisi negara yang sudah aman dan sehat. Aman dalam gejolak politik dan sehat setelah Indonesia berhasil mengendalikan pandemi Covid-19," ujarnya kepada Kompas.com, Kamis (2/6/2022).

Ia menambahkan, keberhasilan pariwisata Tanah Air naik hingga 12 peringkat salah satunya dicapai berkat peningkatan infrastruktur pendukung pariwisata, seperti jalanan, jembatan, pelabuhan, maupun bandar udara.

Kementerian PUPR tuntaskan pembangunan 900 unit homestay di 5 KSPN unggulan non-super prioritas Dok. Kementerian PUPR Kementerian PUPR tuntaskan pembangunan 900 unit homestay di 5 KSPN unggulan non-super prioritas

Peningkatan juga terjadi signifikan dalam bidang amenitas pariwisata, berupa hotel, restoran, maupun homestay yang dikelola masyarakat, kata dia.

Selain itu, ia menilai bahwa Indonesia memiliki potensi alam yang masih sangat terjaga, serta potensi daya tarik wisata seperti seni dan budaya yang sangat beragam.

"Prestasi ini tentu saja juga tidak terlepas dari partisipasi masyarakat Indonesia dalam mendukung kegiatan pariwisata di Tanah Air, terutama dalam penerapan Sapta Pesona di setiap destinasi wisata," papar Chusmeru.

Baca juga: Indonesia Destinasi Wisata Halal Terbaik Nomor 2 di Dunia

Faktor-faktor yang perlu terus ditingkatkan

Kendati mengalami peningkatan, Chusmeru menyampaikan beberapa hal yang bisa diperhatikan dan diterapkan Indonesia agar capaian pariwisata bisa terus membaik pada tahun-tahun berikutnya. 

Beberapa hal tersebut di antaranya, peningkatan aksesibilitas, sosialisasi serta wisata edukasi, potensi wisata kesehatan, dan peningkatan iklim investasi serta industri kreatif. 

Baca juga: Aturan Perjalanan Diperlonggar, Ini PR Pemerintah untuk Pariwisata

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.