Kompas.com - 04/06/2022, 10:13 WIB

KOMPAS.com - Desa Wisata Kubah Basirih berada dekat tepi Sungai Martapura, Kalimantan Selatan. Tepatnya di Jalan Keramat Basirih, Kecamatan Banjarmasin Barat, Kota Banjarmasin. 

Desa Wisata Kubah Basirih masuk 50 besar desa wisata terbaik dari Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022. 

Di desa wisata ini, terdapat makam ulama Al Habib Hamid Bin Abbas Bahasyim atau Habib Basirih. 

Dilansir dari keterangan resmi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Sabtu (4/6/2022), Habib Basirih masih memiliki keturunan atau dzuriat dengan Nabi Muhammad SAW, sebagai generasi ke-31.

Setelah Habib Basirih meninggal pada tahun 1946 di usia 90 tahun, pihak keluarga membangun Kubah Basirih sebagai peninggalan dan penghormatan kepada Habib Basirih.

Baca juga: 50 Desa Wisata Terbaik dari Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022

Ilustrasi Desa Wisata Kubah Basirih di Kalimantan Selatan.Dok. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Ilustrasi Desa Wisata Kubah Basirih di Kalimantan Selatan.

Sebagian besar bangunan Kubah Basirih berwarna hijau dan putih. Bentuknya segi enam sebagai lambang enam rukun iman dalam Islam, serta mengelilingi makam Habib Basirih. 

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Wisata Kubah Basirih, Husin Luthfie, mengatakan bahwa jumlah kunjungan wisatawan per hari ke tempat ini bisa mencapai 5.000 - 10.000 orang. 

Umumnya mereka dari Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, dan Pulau Jawa. 

“Yang paling ramai itu biasanya malam Jumat. Jadi biasanya setelah mereka (para peziarah) salat Maghrib atau Isya, mereka ke sini untuk berdoa bisa sampai jam empat subuh. Jadi di sini itu, makin malam makin ramai,” kata Husin, dikutip dari keterangan Kemenparekraf, Jumat (3/6/2022).

Baca juga:

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.