Kompas.com - 04/06/2022, 21:31 WIB

KOMPAS.com – Telaga Sarangan atau di Magetan, Jawa Timur merupakan tempat wisata alam yang populer bagi wisatawan lokal.

Lokasi Telaga Sarangan berada diketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut (mdpl), tepatnya ada di Jalan Raya Telaga Sarangan, Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Suhu udaranya juga cenderung dingin yakni berkisar antara 15-20 derajat celsius, sehingga, sangat nyaman untuk tempat liburan, dikutip dari Sarangan.magetan.go.id, Sabtu (4/6/2022).

Selain, tempatnya yang sejuk dan indah, pengunjung di Telaga Sarangan bisa menjajal berbagai aktivitas, mulai dari naik speed boat hingga menunggang kuda. 

Baca juga: Harga Tiket Telaga Sarangan Magetan serta Jam Buka dan Fasilitasnya

Walaupun Telaga Sarangan tampak menjadi tempat wisata yang indah dan menyenangkan, ada mitos yang banyak dipercayai oleh penduduk sekitar. 

Melansir dari Kompasiana (21/4/2021), disebutkan oleh seorang pawang kuda di Telaga Sarangan bernama Sobiran, bahwa ada mitos soal pasangan kekasih yang akan putus jika bercinta di dekat ke Telaga Sarangan.

Dikatakan bahwa pasangan kekasih tersebut bisa putus, karena terkena kekuatan gaib, berupa kutukan. 

Namun, memang harus selalu diingat bahwa seseorang wajib selalu menjaga sikap, di mana pun berada, demi menghindari hal-hal yang tak diinginkan. 

Baca juga: Menikmati Sisi Lain Keindahan Telaga Sarangan dari Atas Jeep

Lantaran hanya sekadar mitos, ada yang memang beneran putus setelah pacaran di Telaga Sarangan, tapi ada juga yang tetap langgeng hingga jenjang pernikahan. 

Legenda Telaga Sarangan 

Telaga Sarangan diketahui terbentuk secara alami dan punya luas mencapai 30 hektar, uniknya di bagian tengahnya ada sebuah pulau. 

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.