Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Nama Kota Paling Sulit Diucapkan di Dunia, Berdasarkan Survei 

Kompas.com - 05/06/2022, 11:05 WIB
Ulfa Arieza ,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Terdapat lebih dari 195 negara dengan 7.000 bahasa di dunia. Tak heran, banyak orang yang kesulitan atau salah mengucapkan beberapa nama-nama kota dari seluruh dunia. 

Latar belakang itu mendorong situs permainan kata, WordTips, mengadakan studi tentang nama kota di dunia yang paling sulit diucapkan. Hasilnya, ada sejumlah nama kota yang paling sulit dieja dibandingkan kota-kota lainnya di seluruh dunia. 

“Ada 195 negara yang berbicara dalam lebih dari 7.000 bahasa dan dialek, pasti ada beberapa kebingungan dalam pengucapan yang benar,” tulis WordTips dalam sebuah pernyataan dikutip dari Travel and Leisure. 

Baca juga:

Metode survei 

Mengutip dari situs WordTips, survei dilakukan dengan menggunakan data dari kamus pelafalan online, Forvo.com. Selanjutnya, WordTips mempelajari nama kota yang paling banyak dicari cara pelafalannya. 

kastil EdinburghShutterstock.com / Michal 11 kastil Edinburgh

Jumlah tersebut menghasilkan peringkat 10 besar nama kota paling sulit diucapkan. Jika, banyak orang mendengarkan nama kota itu dengan bantuan Forvo.com, maka diasumsikan mereka mengalami kesulitan dalam mengejanya. 

Selain nama kota, WordTips juga mencari nama orang, merek, aktor, pemain bola, dan musisi yang paling sulit diucapkan. Dari semua kategori survei tersebut, WordTips mengungkapkan nama kota di dunia paling banyak dicari dalam Forvo.com

“Delapan dari 10 nama kota tersulit mengumpulkan lebih dari satu juta pendengar, kategori ini melampaui yang lain,” tulis WordTips dalam situsnya. 

Baca juga:

10 nama kota di dunia paling sulit diucapkan

Hasilnya, Rio de Janeiro menempati posisi paling atas nama kota yang paling sulit diucapkan berdasarkan survei WordTips. Pencarian cara mengucapkan ibu kota Brasil ini sudah didengarkan 7 juta kali. 

“Bahasa Portugis adalah bahasa yang sangat sulit untuk diucapkan dengan benar, terutama karena pengucapannya bervariasi di berbagai wilayah di Brasil. Tidak heran begitu banyak orang yang membutuhkan bantuan selama ini,” tulis WordTips.

Baca juga:

Disusul oleh Tokyo di peringkat kedua. Nama ibu kota Jepang ini sudah didengar sebanyak 4,1 juta kali dari Forvo.com. 

“Sama seperti belajar bahasa, trik untuk menguasai pengucapan nama kota yang benar adalah dengan menguraikan setiap suku kata,” tulis WordTips. 

Berikut daftar 10 nama kota di dunia yang paling sulit diucapkan berdasarkan survei WordTips. 

1. Rio de Janeiro, sudah didengarkan sebanyak 7 juta kali 

2. Tokyo, Jepang, sudah didengarkan sebanyak 4,1 juta kali

3. Chicago, AS, sudah didengarkan sebanyak 1,8 juta kali

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com