Kompas.com - 06/06/2022, 23:30 WIB

KOMPAS.com - Rumah kelahiran Presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno, di Surabaya, Jawa Timur, tengah direvitalisasi untuk dijadikan museum. 

Rumah tersebut berlokasi di Jalan Pandean Gang IV Nomor 40, Peneleh, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya, Jawa Timur. Dari Bandara Internasional Juanda, jaraknya 21 - 33 kilometer (km) dengan lama berkendara sekitar 32 - 40 menit. 

Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, mengatakan bahwa proses revitalisasi rumah tersebut masih dilakukan. Nantinya, tempat tersebut akan dilengkapi beberapa artefak dan ornamen pendukung. 

Baca juga:

"Museum ini akan menceritakan berbagai kisah perjuangan Bung Karno sejak lahir di Surabaya hingga menjadi proklamator kemerdekaan Indonesia," tuturnya, dikutip dari Antara, Senin (6/6/2022). 

Rencananya museum ini, lanjutnya, akan segera dibuka. 

Ia berharap, pengunjung yang datang nantinya bisa mempelajari kehidupan dan meneladani semangat pahlawan yang lahir pada 6 Juni 1901 ini.

"Semangat beliau (Bung Karno) bisa masuk ke dalam jiwa anak muda. Apalagi, Surabaya terkenal sebagai Kota Pahlawan. Selain Bung Karno, juga ada Bung Tomo dan pahlawan lainnya yang menggelorakan semangat melawan penjajahan," terangnya.

Baca juga: 7 Tempat Wisata yang Rekam Napak Tilas Soekarno

Menggunakan konsep Kampung Kebangsaan

Eri menjelaskan, tempat kelahiran Soekarno akan dihubungkan dengan tempat wisata sejarah lainnya di kawasan tersebut. Konsepnya adalah Kampung Kebangsaan.

Ia menambahkan bahwa rumah tersebut berada tidak jauh dari rumah H.O.S Tjokroaminoto, tepatnya di Jalan Peneleh Gang VII Nomor 29-31. Rumah tersebut juga dahulunya merupakan tempat Soekarno indekos ketika menempuh pendidikan.

Adapun pada tahun 2017, rumah H.O.S Tjokroaminoto telah diresmikan sebagai museum oleh Pemerintah Kota Surabaya. 

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Antara


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.