Kompas.com - 07/06/2022, 18:11 WIB

KOMPAS.com – Hari Suci Galungan merupakan salah satu hari raya umat Hindu yang tahun ini akan dilaksanakan besok, Rabu (08/06/2022). 

Perayaan Galungan bagi umat Hindu akan diperingati setiap 210 hari sekali, berdasarkan perhitungan penanggalan pawukon. 

Baca juga: 20 Ucapan Hari Suci Galungan dalam Bahasa Indonesia dan Bali 

Makna Hari Suci Galungan bagi umat Hindu adalah untuk memperingati kemenangan dharma (kejahatan) melawan adharma (kebaikan), simbol dari hawa napsu. 

Dikutip dari situs Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI), Selasa (07/06/2022), hawa napsu yang dimaksud adalah segala sesuatu yang mengganggu ketentraman batin, yang nantinya berekspresi dalam kegiatan sehari-hari, baik secara individu maupun kelompok.

Ketika umat Hindu di Bali merayakan Galungan, ini merupakan saat yang tepat untuk berwisata ke Pulau Dewata. 

Alasannya, pada saat perayaan Galungan, banyak rumah penduduk di Bali akan dihiasi dengan penjor atau hiasan dari janur, simbol dari Naga Basuki yang artinya kesejahteraan.

Baca juga:

Kemudian, dikutip dari situs Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng, masyarakat lokal juga akan akan memakai busana adat untuk melakukan persembahyangan di pura dengan berjalan kaki.

Jika sedang berada di Bali saat Hari Suci Galungan, berikut rekomendasi tempat wisata saat Galungan yang bisa kamu kunjungi, seperti dirangkum Kompas.com:

1. Pura Tanah Lot

Wisatawan mengunjungi objek wisata Tanah Lot pada pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3 di Tabanan, Bali, Sabtu (9/10/2021). Objek wisata di Pulau Dewata tersebut mulai ramai dikunjungi wisatawan domestik setelah kasus COVID-19 melandai dan menjelang dibukanya kembali Pariwisata Bali untuk wisatawan mancanegara pada 14 Oktober 2021 mendatang. ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/nz
ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo Wisatawan mengunjungi objek wisata Tanah Lot pada pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3 di Tabanan, Bali, Sabtu (9/10/2021). Objek wisata di Pulau Dewata tersebut mulai ramai dikunjungi wisatawan domestik setelah kasus COVID-19 melandai dan menjelang dibukanya kembali Pariwisata Bali untuk wisatawan mancanegara pada 14 Oktober 2021 mendatang. ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/nz

Dilansir dari situs Perpustakaan Nasional, pada saat perayaan Galungan, Pura Tanah Lot juga akan dipadati oleh para umat Hindu yang ingin bersembahyang.

Pura ini sangat unik, karena berada di atas batu karang yang terletak di sisi pantai Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan.

Baca juga: Tanah Lot dan Uluwatu Bali Masuk 10 Tempat Sunset Terbaik di Dunia

Namanya terdiri dari dua kata, “Tanah” jika diartikan maknanya adalah gili atau pulau, sedangkan “Lot” atau “Lod” punya arti laut.

Jika digabungkan, Tanah Lot artinya adalah pulau kecil yang mengambang di laut.

Di sekitar terumbu karang Pura Tanah Lot terdapat ular jinak berwarna hitam-putih yang dikeramatkan, karena dipercaya sebagai properti dewa dan penjaga candi atau pura dari pengaruh buruk.

2. Pura Beji Sangit 

Sebagai tempat ibadah suci umat Hindu, Pura Beji Sangit digunakan untuk memuja Tuhan dalam bentuk manifestasi Dewi Seri atau Dewi Kesuburan.

Puranya punya bangunan indah dengan ukiran khas Buleleng dan berada di area persawahan luas.

Baca juga: Itinerary Seharian di Ubud Bali, Bisa ke Bukit dan Pura

Lokasinya ada di Bali Utara, tepatnya di Jalan Raya Sangsit, Kabupaten Buleleng, Bali. 

Jarak menuju lokasi dari Denpasar, Bali sekitar 87 kilometer (km), dengan waktu tempuh dua jam lebih.  

3. Pemandian Air Panas Banjar

Pemandian air panas Banjar atau Banjar Hot Springs di Bali.WIKIMEDIA COMMONS/Dion Hinchcliffe Pemandian air panas Banjar atau Banjar Hot Springs di Bali.

Setelah selesai menikmati keindahan Pura Beji Sangit, wisatawan juga bisa mampir ke pemandian Air Panas Banjar pada keesokan harinya, saat ada acara Umanis Galungan.

Jika tertarik datang, alamatnya ada di Jalan Banjar, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng, Bali.

Air panasnya bersumber dari mata air alami dengan kadar belerang sebesar 26 persen. Sementara suhunya sekitar sekitar 38 derajat Celsius.

Baca juga: Bali Jadi Destinasi Favorit Turis Asing dan Indonesia per Mei 2022

Ada dua jenis kolam renang yang bisa dipilih wisatawan. Pertama, kolam renang dewasa dengan kedalaman dua meter, kedua ada kolam renang anak-anak dengan kedalaman satu meter. 

Ketika lapar, kita bisa makan di restoran yang menyajikan menu western atau pun masakan Indonesia.

Restoran tersebut juga punya kolam pribadi yang dilengkapi jacuzzi, serta menawarkan jasa pijat tradisional. 

Harga tiket masuk untuk dewasa adalah Rp 20.000, sedangkan untuk anak-anak Rp 10.000.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.