Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sandiaga: Wisata Sungai di Indonesia Banyak Diminati Wisatawan

Kompas.com - 08/06/2022, 12:06 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia memiliki banyak destinasi wisata alam yang menarik untuk dikunjungi, destinasi wisata sungai menjadi salah satu yang diminati.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyebutkan, banyak sungai dijadikan sebagai destinasi wisata menarik untuk kegiatan wisata minat khusus seperti wisata arung jeram atau rafting.

Baca juga:

Menurutnya, produk wisata rafting yang dikemas dalam paket wisata banyak ditemukan di berbagai destinasi, seperti Sungai Citarik Pelabuhan Ratu di Sukabumi dan Sungai Ayung Ubud di Bali.

“Paket wisata tersebut dikelola oleh banyak operator dan diminati wisatawan. Juga wisata susur sungai seperti susur sungai Musi dan Sungai Kapuas banyak diminati wisatawan,” kata Sandiaga saat Weekly Press Briefing secara virtual, Senin (06/06/2022).

Menurut Sandiaga, sungai sebagai pusat dan sumber kebudayaan menjadi sangat potensial untuk dikembangkan sebagai destinasi wisata, sekaligus program pelestarian lingkungan.

“Program pelestarian yang dibarengi dengan kegiatan pengembangan pariwisata cenderung lebih mudah dilaksanakan oleh masyarakat, serta mudah dalam menciptakan kesadaran bersama untuk menjaga kelestarian sungai,” tuturnya.

Baca juga: Waspada, Jangan Lakukan 5 Hal ini Saat Berenang di Sungai

Adapun terkait pengembangan sungai sebagai atraksi wisata, ia menjelaskan bahwa Kemenparekraf hingga saat ini telah mengembangkan atraksi wisata arung jeram dari sisi atraksi maupun regulasi, berupa standar usaha dan standar kompetensi.

Tak hanya susur sungai, Sandiaga mengatakan bahwa pihaknya juga tengah mengembangkan wisata river cruise, atau menyusuri sungai dengan kapal pesiar yang biasanya berukuran kecil. 

“Pada tahun 2010, melalui program Destination management organization (DMO), Tanjung Puting telah mengembangkan river cruise sebagai atraksi wisata". 

Diharapkan tahun mendatang kami bisa mengembangkan river cruise di destinasi lainnya melalui program Pola perjalanan wisata minat khusus,” papar Menparekraf.

Baca juga: Mengenal Sungai Aare, Sungai Terpanjang di Swiss dari Pegunungan Alpen

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com