Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menikmati Pemandangan Perbukitan di Tanjung Eputobi, Mirip Labuan Bajo

Kompas.com - 09/06/2022, 14:09 WIB
Serafinus Sandi Hayon Jehadu,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

LARANTUKA, KOMPAS.com - Pemandangan perbukitan yang eksotis dan memanjakan mata tak hanya bisa dijumpai di perairan laut Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), tetapi juga di Kabupaten Flores Timur.

Untuk menikmatinya, pengunjung bisa datang ke Tanjung Eputobi di Desa Lewoingu, Kecamatan Titehena, Flores Timur.

Baca juga: Wisata Bersepeda Flores, Nikmati Eksotisnya Alam Pulau Flores NTT

Lokasinya terbilang strategis. Sebab, selain berada di ketinggian, tempat ini juga berada tepat di pinggir jalan negara yang menghubungkan Kabupaten Sikka - Flores Timur.

Tak heran, hampir setiap saat pelancong maupun wisatawan yang hendak liburan di Flores Timur atau Maumere kerap mampir dan mengabadikan momen di tempat ini.

Dalam bahasa setempat, "Epu" berarti tempat orang berkumpul. Sementara "Tobi" berarti pohon asam.

Menurut cerita, dahulu terdapat pohon asam yang dijadikan tempat berkumpul warga sepulang mengiris tuak dan tempat itu dinamai Eputobi.

Baca juga:

Salah seorang wisatawan lokal, Paul Kabelen (26) mengaku takjub dengan keindahan Tanjung Eputobi. Apalagi lokasinya yang begitu mudah dijangkau.

"Pemandangan bentangan perbukitannya sangat indah. Kalau berada di sini seperti kita berkunjung ke Labuan Bajo," ujar Paul saat dihubungi, Kamis (09/05/2022).

Paul menuturkan, sebelumnya lokasi ini belum dilirik menjadi salah satu tempat yang bisa mendatangkan pundi-pundi Rupiah.

Namun, belakangan ketika banyak orang sering singgah, warga setempat mulai menatanya dengan membangun lopo yang dilengkapi aneka minuman dan camilan.

Foto: Salah seorang pelancong sedang menikmati keindahan bentangan bebukitan di Perairan Flores Timur dari tanjung Eputobi.  Serafinus Sandi Hayon Jehadu/Kompas.com Foto: Salah seorang pelancong sedang menikmati keindahan bentangan bebukitan di Perairan Flores Timur dari tanjung Eputobi.

Kata Paul, menyeruput kopi sambil menikmati keindahan alam Flores Timur merupakan suatu hal yang sangat istimewa.

"Kita akan merasakan sensasi yang luar biasa. Hanya perlu rogoh kocek Rp 5.000 kopi, kita dapat view laut yang luar biasa," katanya.

Baca juga:

Sementara pengunjung lain, Hengki (34) mengatakan, potensi alam Flores Timur tak kalah saing dengan daerah lain di NTT. Hanya saja, masih kurangnya promosi dan investasi untuk mendukung industri pariwisata di daerah itu.

"Kami berharap ke depan Flores Timur tidak hanya dikenal dengan wisata rohani, tetapi ada juga wisata alam yang indah dan memukau, salah satunya Tanjung Eputobi," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com