Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusak Monumen di Roma akibat Naik Skuter, 2 Turis Didenda Rp 6 Juta

Kompas.com - 10/06/2022, 09:08 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

Sumber CNN

KOMPAS.com - Dua orang turis asal Amerika Serikat didenda setelah merusak ikon atau monumen bersejarah di Roma, Italia, Spanish Steps, karena menaiki skuter.

Insiden tersebut tertanggap oleh kamera pengawas. Kemudian, sekitar pukul 14.23 waktu setempat, turis berusia 28 dan 29 tahun itu diberhentikan oleh polisi.

Baca juga: Alasan Kenapa Menara Pisa di Italia Miring

Adapun Spanish Steps, atau disebut juga Trinita dei Monti, adalah salah satu monumen paling terkenal di Roma.

"Pasangan turis asal Amerika meluncur dengan skuter tiga kali menuruni tangga Trinita dei Monti, merusak pijakan travertine ketiga hingga terakhir dari jalan kedua di samping menuju pendakian San Sebastianello," demikian pernyataan dari Pengawas Capitoline kota tersebut, seperti dikutip Kompas.com dari CNN, Jumat (10/06/2022).

Insiden ini dikatakan menyebabkan kerusakan seperti potongan marmer ukuran 10 cm dan menelan biaya restorasi hingga sebesar 25.000 Euro atau sekitar Rp 387 juta.

Menurut kepolisian setempat, dua turis tersebut dikenai denda masing-masing 400 Euro (sekitar Rp 6,1 juta), sesuai ketentuan Peraturan Polisi Kota.

Baca juga: Desa Coumboscuro di Italia yang Ternyata Tidak Pakai Bahasa Italia

Salah seorang dari turis tersebut juga didakwa dengan pengaduan kerusakan properti monumen. Sebab, pada satu titik dia melemparkan skuter yang dikendarainya dengan sengaja hingga menuruni tangga.

Mereka juga dilarang mengunjungi kawasan sekitar selama dua hari.

Adapun insiden ini terjadi kurang dari sebulan setelah insiden serupa terjadi. Pada insiden sebelumnya, seorang warga Arab Saudi berusia 37 tahun ditangkap di Bandara Internasional Milan karena menyewa mobil sport Maserati untuk menyusuri landmark abad ke-18 itu, hingga menyebabkan kerusakan.

Baca juga: Intip Mewahnya Vila Lokasi Syuting Film House of Gucci di Italia

Insiden tersebut menyebabkan keretakan pada dua anak tangga, serta goresan atau lecet yang meluas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com