Kompas.com - 10/06/2022, 12:39 WIB
Penulis Ulfa Arieza
|

KOMPAS.com - Ada banyak hal yang perlu diperhatikan oleh penumpang pesawat sebelum penerbangan. Termasuk, barang-barang yang sebaiknya jangan dipakai saat naik pesawat. 

Alasannya, penggunaan barang-barang tersebut bisa mengganggu kenyamanan dan membahayakan keselamatan penumpang. Berikut, tujuh barang-barang yang sebaiknya jangan dipakai saat naik pesawat seperti dihimpun oleh Kompas.com. 

Baca juga: Beragam Latihan Pramugari Pesawat, Belajar Rias hingga Situasi Darurat

1. Pakaian ketat 

Pramugari American Airlines, Andrea Fischbach menyarankan penumpang untuk menghindari pakaian ketat yang membatasi gerak tubuh. 

“Saya menyarankan untuk tidak mengenakan pakain ketat yang membatasi gerak tubuh,” ujarnya dikutip dari Who What Wear. 

Ia menuturkan, pakaian yang nyaman membantu penumpang terhindar dari kram dan bengkak ketika menempuh perjalanan panjang di udara.

Sebaliknya, pakaian ketat berpotensi menganggu sirkulasi darah, sehingga dapat memicu deep vein thrombosis (DVT). Kondisi DVT adalah penggumpalan darah pada satu atau lebih pembuluh darah vena dalam. Biasanya, kondisi tersebut terjadi di area kaki, lantara penumpang duduk selama penerbangan. 

“Meskipun tampak bagus, celana kulit mungkin bukan pakaian yang terbaik,” imbuh Fischbach. 

2. Sepatu hak tinggi dan sandal jepit 

Meskipun terlihat bagus, namun Fischbach tidak menyarankan penumpang menggunakan sepatu hak tinggi saat naik pesawat. Alasannya, pemakaian sepatu hak tinggi akan menyulitkan proses evakuasi saat terjadi kondisi darurat. 

“Sepatu hak tinggi dapat menyebabkan kerusakan pada pintu darurat atau melukai orang lain jika terjadi kondisi darurat,” ujarnya. 

Ilustrasi sepatu hak tinggiShutterstock Ilustrasi sepatu hak tinggi

Selain sepatu hak tinggi, ia juga menyarankan penumpang tidak memakai sandal jepit selama penerbangan. Alasannya, sandal jepit tidak menutupi permukaan kaki, sehingga penumpang berpotensi kedinginan saat berada di kabin pesawat. 

Selain itu, sandal terbuka tidak melindungi kaki dari kotoran di toilet pesawat. 

“Jika kamu memakai sandal, hati-hati ketika berencana pergi ke toilet," uja Fischbach. 

Baca juga: Awas! Teliti 4 Hal Ini agar Terhindar dari Penipuan Tiket Pesawat Murah

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.