Italia Cabut Aturan Masuk Terkait Covid-19, Termasuk yang Belum Vaksin

Kompas.com - 10/06/2022, 19:07 WIB

KOMPAS.com - Italia telah menghapus semua aturan masuk bagi pelancong internasional ke negaranya mulai Rabu (1/6/2022) lalu.

Sebelumnya hingga Selasa (31/5/2022), pelancong yang belum divaksinasi harus melakukan tes Covid-19 sebelum berkunjung ke Italia.

Kementerian Kesehatan Italia juga telah mengumumkan berakhirnya semua pembatasan masuk bagi para pelancong.

Baca juga: Aturan Sudah Dicabut, Sebagian Warga Italia Masih Pakai Masker

Sama seperti negara-negara Eropa lainnya, Italia terus membuka perbatasan secara bertahap selama beberapa bulan terakhir, termasuk menghapus persyaratan kedatangan dengan mengisi EU digital passenger locator form (dPLF) UE pada 1 Mei.

Setelah negara ini berhasil melewati masa darurat pada Maret lalu, syarat Green Pass dan Super Green Pass juga tidak lagi diperlukan saat memasuki ruang publik.

Kendati demikian, kewajiban pakai masker tetap berlaku sampai setidaknya 15 Juni, dikutip dari Euronews.com, Jumat (10/6/2022).

Baca juga: Aturan Dilonggarkan, Berkunjung ke Italia Tak Perlu Pakai Masker

Meski aturan wajib masker di seluruh penerbangan Uni Eropa dicabut pada bulan Mei, bandara dan maskapai penerbangan yang terbang ke dan dari Italia masih mengharuskan penumpang untuk mengenakan masker hingga tengah Juni.

Aturan masuk Italia terkini

Saat ini, wisatawan internasional benar-benar dapat masuk ke Italia tanpa tes Covid-19, baik yang sudah divaksin maupun belum divaksin.

Kota tua Matera di Basilicata, ItaliaThinkStock Kota tua Matera di Basilicata, Italia

Wisatawan juga tidak lagi wajib mengisi Passenger Locator Form, baik yang sudah vaksin maupun belum.

Namun seperti disampaikan sebelumnya, penumpang yang terbang ke atau dari Italia harus mengenakan masker sesuai standar selama berada di pesawat.

Baca juga: Desa Coumboscuro di Italia yang Ternyata Tidak Pakai Bahasa Italia

Sebagai informasi, sebelumnya, pelancong yang belum divaksinasi harus menunjukkan bukti pemulihan dari Covid-19 dalam 180 hari terakhir atau tes Covid-19 negatif. Hingga Mei, mereka juga harus dikarantina selama 5 hari.

Green Pass atau Super Green Pass di Italia dicabut

Mulai 1 Mei 2022, Italia telah mencabut semua versi dari Green Pass (sertifikat digital yang membuktikan seseorang telah divaksinasi atau pulih dari Covid-19).

Artinya, kini siapa pun bisa bebas masuk ke ruang publik tanpa harus menunjukkan sertifikat, termasuk restoran, bar, bioskop, teater, konser, pusat budaya, pesta, dan transportasi umum jarak jauh.

Baca juga: Intip Mewahnya Vila Lokasi Syuting Film House of Gucci di Italia

Namun, Super Green Pass akan tetap berlaku bagi mereka yang mengunjungi rumah sakit dan panti jompo.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.