Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisata ke Jakarta Fair 2022 Kemayoran, Simak 4 Tips Penting Ini

Kompas.com - 10/06/2022, 22:52 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pekan Raya Jakarta (PRJ) atau Jakarta Fair 2022 di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran, Jakarta Utara, telah memasuki hari kedua.

Sebelumnya acara ini resmi dibuka oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, pada Kamis (9/6/2022). Untuk diketahui, Jakarta Fair 2022 diadakan pada 9 Juni - 17 Juli 2022 mendatang. 

Sebelum berkunjung ke acara ini, baiknya ketahui beberapa tips berikut agar jalan-jalanmu berlangsung nyaman dan maksimal:

1. Perhatikan rute bus Transjakarta

Pengguna transportasi umum bus TransJakarta bisa turun di Halte JIExpo Kemayoran yang berada tepat di depan pintu masuk PRJ.

Meski begitu, kamu harus memperhatikan jadwal keberangkatan bus agar lebih menghemat waktu, sebab jumlah armada yang tersedia masih cukup minim.

Misalnya saja bus bernomor 2C dari Halte Monas menuju Halte JIExpo, yang per hari Jumat (10/6/2022) baru tersedia dua armada, dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam perjalanan untuk sekali putaran.

"Sebenarnya ada tiga bus, cuma yang beroperasi baru dua (bus). Untuk weekend (Sabtu-Minggu) jadwalnya dari jam 9 pagi, tapi untuk weekday baru berangkat jam 3 sore," kata Renald, petugas Halte Bus Transjakarta Monas, Renald, kepada Kompas.com, Jumat.

Adapun rute lengkap bus TransJakarta menuju Halte JIExpo Kemayoran, yaitu:

  • PRJ 1 (PGC1-JIEXPO Kemayoran)
  • PRJ 2 (Kampung Melayu-JIEXPO Kemayoran)
  • PRJ 3 (Pulo Gadung 1-JIEXPO Kemayoran)

Baca juga: Absen 2 Tahun karena Pandemi, Jakarta Fair Digelar Lagi 9 Juni 2022

2. Bawa barang seperlunya

Area JIExpo Kemayoran yang cukup luas, atau mencapai 125.000 meter persegi, tentu akan sangat melelahkan untuk dijelajahi sekaligus, terutama bila kamu memikul beban berat.

Bawalah barang seperlunya di dalam tas atau ranselmu, seperti topi, payung, powerbank (penambah daya), ponsel, botol minum, dan dompet. Apabila datang bersama buah hati, kamu bisa menggunakan stroller (kereta bayi) agar lebih memudahkan.

Sebaliknya, beban tas yang ringan akan membantumu saat menggendong si kecil.

Baca juga:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com