Kompas.com - 11/06/2022, 11:11 WIB

KOMPAS.com – Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) punya satu embung yang unik, berbentuk seperti gunungan wayang, yakni Embung Imogiri 1.

Embung ini pun tidak hanya berfungsi untuk memenuhi kebutuhan pengairan sektor pertanian.

Keunikan embung ini juga menjadikannya tempat wisata. Banyak orang berkunjung ke embung ini untuk menikmati suasa.

Baca juga: Embung Imogiri 1 di Yogyakarta yang Unik Berbentuk Gunungan Wayang

Terlebih embung ini dikelilingi hamparan perbukitan hijau di sebelah timur dan selatan. Makam Raja Mataram Islam di kawasan perbukitan pun turut terlihat.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

“Kalau pas pagi atau sore itu di sini ramai. Banyak penjual makanan. Biasanya pada olahraga juga di sini,” kata pemilik warung sekitar Embung Imogiri bernama Ahmad Soleh kepada Kompas.com, Rabu, (8/6/2022).

Rute ke Embung Imogiri 1

Embung Imogiri 1 tepatnya berlokasi di Wukirsari, Kepanewon atau Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, DIY.

Dari pusat Kota Yogyakarta, menuju Embung Imogiri 1 jaraknya sekitar 18 kilometer (km) dengan waktu tempuh kurang-lebih 40 menit.

Menuju Embung Imogiri 1 paling pas dimulai dari Terminal Giwangan. Dari pusat Kota Yogyakarta, kamu bisa menyusuri ring road sampai perempatan Teminal Giwangan, atau ke selatan melalui jalanan tengah kota.

Dari Terminal Giwangan, lurus terus ke selatan melalui Jalan Imogiri Timur. Terus lurus sejauh sekitar 18 km atau 16 menit.

Baca juga: Lokasi Syuting KKN di Desa Penari: Wisata Batu Kapal di Bantul, Yogyakarta

Nantinya di pertigaan sebelum Pasar Imogiri, belok kiri ke arah timur memasuki Jalan Pramuka. Lurus terus saat sampai gapura dengan hiasan kepala raksasa.

Embung Imogiri yang berbentuk seperti gunungan wayang.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Embung Imogiri yang berbentuk seperti gunungan wayang.

Setelah melewati hamparan sawah yang dikelilingi perbukitan, akan ada percabangan jalan. Pilih kanan di jalan yang tidak ada markanya.

Baca juga: 15 Wisata Bantul Yogyakarta dengan Pemandangan Alam Instagramable

Lurus terus, maka nantinya Embung Imogiri akan ada di sebelah kiri jalan. Harga tiket masuknya adalah seikhlasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.