Kompas.com - 12/06/2022, 12:01 WIB

KOMPAS.com - Pantai Tanjung Setia di Pesisir Barat, Lampung, menjadi tuan rumah gelaran World Surf League (WSL) Krui Pro 2022. Ombaknya sendiri merupakan salah satu spot selancar terbaik di dunia.

Informasi itu disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno saat membuka Kejuaraan Liga Selancar Internasional (WSL) Krui Pro 2022 di Pantai Tanjung Setia, Sabtu (11/6/2022).

Baca juga: 10 Pantai Lampung yang Wajib Dikunjungi, Bisa Lihat Lumba-lumba Hingga Surfing

“Ini bukan kaleng-kaleng. Ini spot yang terbaik di dunia. Oleh karena itu, mari wisata surfing ini kita kembangkan. Kita kenalkan destinasi yang ada di Pesisir Barat Lampung ini," kata Sandiaga, dalam keterangan yang diterima Kompas.com, Minggu (12/6/2022).

Sandiaga melanjutkan bahwa tidak diperlukan pembangunan sirkuit di sana, sehingga tidak butuh anggaran besar hingga triliunan.

"Karena Allah telah memberikan alam yang indah di Pesisir Barat Lampung. Oleh karena itu, mari kita jaga, kita rawat, dan kita kemas acaranya," tambahnya.

Pesona Pantai Tanjung Setia, Lampung

Pantai Tanjung Setia berada sekitar 273 km atau 6-7 jam berkendara dari ibukota provinsi Bandar Lampung, tepatnya di Desa Tanjung Setia, Kecamatan Pesisir Selatan, Pesisir Barat.

Pantai Tanjung Setia terletak tepat di jalur arus besar Samudera Hindia dengan gelombang besar konstan yang menarik, dikutip dari laman Pemkab Pesisir Barat, Minggu.

Baca juga: 25 Tempat Wisata Alam Lampung yang Wajib Dikunjungi

Pantai Tanjung Setia terkenal dengan ombaknya yang bagus, sehingga pas untuk digunakan berselancar.

Selama puncak musim berselancar dari bulan Juni hingga Agustus, ombak pantai ini memiliki ketinggian berkisar antara 6-7 meter, dan memiliki ombak yang sangat panjang mencapai 200 meter.

Selain gelombang yang menantang, pantai berpasir putih lembut yang membentang dari pantai ke pantai dan pemandangan matahari terbenam menawarkan atraksi menarik tersendiri.

Baca juga: Krui, Destinasi Wisata Jagoan Lampung dengan Segudang Potensi

Tepi Pantai Tanjung Setia juga dihiasi dengan pohon-pohon palem yang memberikan pemandangan indah dan suasana santai bagi para pengunjung yang datang.

Peselancar di Pantai Tanjung Setia, Pesisir Barat, Lampung.Dok. Kemenparekraf Peselancar di Pantai Tanjung Setia, Pesisir Barat, Lampung.

Jika menggunakan transportasi umum, pengunjung dapat menaiki bus Krui Putra dari Terminal Rajabasa di Bandar Lampung yang melewati Trans Sumatera, dan berhenti langsung di Pantai Tanjung Setia.

Baca juga: Super Air Jet Buka Rute Lampung-Jakarta PP, Tiket Mulai Rp 318.800

Sepanjang jalan, akan terlihat beberapa pemandangan Bukit Barisan dengan lereng yang berliku.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.