Kompas.com - 12/06/2022, 17:21 WIB

KOMPAS.com - Kabar baik, Tugu Monumen Nasional (Monas) yang selama dua tahun terakhir tutup akibat pandemi Covid-19 kabarnya akan segera dibuka kembali.

Hal ini dikonfirmasi oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria beberapa waktu lalu. Namun, belum diungkapkan secara pasti kapan Monas buka kembali.

Baca juga: Sandiaga: Diharapkan Wisata Monas Buka Lagi 2 Minggu ke Depan

Meski demikian, penting untuk mengetahui cara ke Monas jika kamu punya rencana berwisata ke sana. Sebab, selain mengunjungi Monas, pengunjung juga bisa mampir ke sejumlah destinasi wisata di sekitarnya.

Beberapa di antaranya seperti Museum Nasional, Perpustakaan Nasional, Lapangan Banteng, dan lainnya.

Kamu bisa memilih opsi moda transportasi angkutan umum mau pun kendaraan pribadi untuk menuju Monas.

Berikut kompas.com rangkum beberapa cara ke Monas menggunakan sejumlah alternatif pilihan kendaraan, yang bisa kamu terapkan saat monumen ini sudah kembali buka nanti.

Cara ke Monas naik kendaraan umum

1. Naik Transjakarta

Bagi yang ingin ke Monas menggunakan fasilitas TransJakarta, kamu bisa berangkat dari halte dan bus terdekat dari lokasi asalmu.

Pilihan bus juga cukup beragam karena banyak rute yang melewati halte terdekat dari Monas.

Halte Transjakarta Bundaran HITransjakarta Halte Transjakarta Bundaran HI

Untuk pemberhentiannya, kamu bisa turun di halte Monumen Nasional.

Adapun bus Transjakarta menuju ke halte ini cukup beragam, di antaranya bus Koridor 1 (Kota - Blok M), Koridor IA (PIK - Balai Kota), Koridor 6A atau 6B (Monas - Ragunan), atau Koridor 9B (Pinang Ranti - Kota).

Dari halte Monumen Nasional, tinggal berjalan kaki sekitar 400 meter menuju gerbang Monas. Biaya Transjakarta sendiri hanya Rp 3.500 per orang.

Baca juga: Tidak Hanya untuk Foto, Ini 10 Kegiatan Menarik di Monas

2. Naik MRT

Moda transportasi MRT di Jakarta.KOMPASIANER/ TUTU SETYORINIE Moda transportasi MRT di Jakarta.

Selanjutnya, naik MRT ke Monas juga menjadi pilihan yang cukup mudah. Kamu bisa naik MRT dari sepanjang stasiun pemberhentian Lebak Bulus hingga Bundaran HI.

Berangkat dari arah manapun, baik Lebak Bulus, Fatmawati, atau ASEAN, kamu bisa turun di Bundaran HI atau stasiun pemberhentian akhir.

Adapun biaya naik MRT tergantung dari stasiun keberangkatan dan kedatangan. Harganya berkisar mulai dari Rp 4.000 - Rp 11.000.

Baca juga: Kembali Beroperasi, Ini Jadwal dan Rute Bus Wisata Gratis Transjakarta

Setelah itu, kamu bisa berganti fasilitas bus wisata tingkat gratis rute BW4 (IRTI Monas - PP) atau BW2 (Juanda Istiqlal - PP) yang saat ini hanya beroperasi saat akhir pekan dan hari libur nasional, setiap pukul 10.00 - 18.00 WIB.

Salah satu halte yang dilalui bus wisata gratis ini adalah Halte Bundaran HI. Kemudian, kamu bisa berhenti di halte IRTI Monas, dan melanjutkan jalan kaki untuk menuju gerbang.

Jika tidak ingin naik bus wisata gratis, opsi lainnya kamu bisa pesan ojek online sekitar Rp 14.000 untuk sampai di gerbang Monas, atau pun naik Transjakarta dengan rute bus yang sebelumnya dijelaskan.

Ingin lebih bugar? Kamu juga bisa berjalan kaki dari halte MRT Bundaran HI ke Monas.

Jaraknya tak sampai 2 km dan bisa ditempuh dengan jalan kaki sekitar 25 menit.

Sepanjang jalan, kamu bisa menyaksikan pemandangan di gedung-gedung tinggi MH Thamrin dan aktivitas lalu lintas di pusat kota.

Baca juga: 7 Tips Keliling Jakarta Naik Bus Wisata Gratis, Naik di Halte Pertama

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.