Kompas.com - 12/06/2022, 18:16 WIB

KOMPAS.com – Monumen Nasional (Monas) ditutup selama dua tahun terakhir akibat pandemi Covid-19. Namun, kabarnya Monas akan segera buka kembali dan dapat dikunjungi. 

Kabar itu dikonfirmasi oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, meskipun tanggal pasti kapan Monas buka masih belum diketahui.

"Insyaallah mudah-mudahan (bulan ini dibuka lagi), lebih cepat lebih baik," ucapnya di Balai Kota Jakarta, seperti dikutip dari Tribun Jakarta (08/06/2022). 

Baca juga: 4 Cara Mudah ke Monas Naik Kendaraan Umum

Meski begitu, sebelum merencanakan liburan ke monumen ikonik Jakarta tersebut, apa kamu sudah tahu ada sejumlah tempat wisata sekitar Monas yang bisa dikunjungi ketika kamu berada di Jakarta Pusat? Kompas.com merangkumnya sebagai berikut.

1. Museum Nasional Indonesia 

Museum Nasional IndonesiaShutterstock Museum Nasional Indonesia

Museum Nasional Indonesia adalah salah satu tempat wisata sekitar Monas yang bisa kamu kunjungi.

Jaraknya hanya sekitar 600 meter dan bisa ditempuh dengan berjalan kaki sekitar tujuh menit saja.

Baca juga: Sandiaga: Diharapkan Wisata Monas Buka Lagi 2 Minggu ke Depan

Pengunjung yang datang ke Museum Nasional Indonesia bisa melihat beragam peninggalan bersejarah dari berbagai zaman. 

Berdasarkan situs resminya, di sana tersimpan banyak koleksi dari zaman dulu yang totalnya mencapai 160.000 koleksi.

Gedung ini dibangun di tanah seluas 26.500 meter persegi dan punya dua bangunan utama. 

Gedung A digunakan untuk ruang pameran, sedangkan Gedung B yang memiliki sebutan Gedung Arca digunakan untuk kantor, ruang konferensi, laboratorium, perpustakan, dan ruang pameran. 

Lokasinya ada di Jalan Merdeka Barat, Gambir, Jakarta Pusat. Museum Nasional buka pukul 09.00 WIB sampai 16.00 WIB, namun tutup setiap Senin dan hari libur nasional.

Baca juga: 7 Tips Keliling Jakarta Naik Bus Wisata Gratis, Naik di Halte Pertama

2. Perpustakaan Nasional Indonesia 

Perpustakaan Nasional RI di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.Kompas.com/Silvita Agmasari Perpustakaan Nasional RI di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.

Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Republik Indonesia (RI) terletak di Jalan Medan Merdeka Selatan Nomor 11, Gambir, Jakarta Pusat.

Perpusnas RI berlokasi tepat di seberang Monas, sehingga kamu tinggal menyebrang saja. Namun, karena Monas sangatlah luas, jaraknya bisa saja beragam, tergantung titik posisimu.

Baca juga: Itinerary Seharian di Kota Tua Jakarta, dari Sunda Kelapa ke Museum Fatahillah

Dikutip dari situs Tourism Jakarta, gedung Perpustakaan Nasional dirancang oleh J.J.J de Bruyn, A.P Smith, dan Charles van de Linde, serta dibangun pada 1942.

Bagi yang datang ke perpustakaan 27 lantai ini bisa menemukan berbagai macam buku untuk segala usia, serta melakukan aktivitas lain, seperti berfoto atau menikmati pemandangan Jakarta dari ketinggian.

Jadwal bukanya pukul 08.00-16.00 WIB pada Senin hingga Jumat. Sementara pada Sabtu dan Minggu, buka pukul 09.00-15.30 WIB.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.