Hari Purbakala Nasional ke-109, Masyarakat Manyarejo Sragen akan Gelar Pentas Seni

Kompas.com - 13/06/2022, 16:31 WIB

KOMPAS.comHari Purbakala Nasional diperingati setiap tahunnya di Indonesia pada tanggal 14 Juni.

Menyambut datangnya peringatan Hari Purbakala Nasional ke-109 tahun 2022 ini, masyarakat Desa Manyarejo, Kecamatan Plupuh, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah akan menggelar pentas seni pada Selasa (14/6/2022).

Sebagai info, Desa Manyarejo memang memiliki situs purbakala, yakni Museum Manusia Purba Klaster Bukuran.

Baca juga: Museum Sangiran, Melihat Jejak Peninggalan Peradaban Purba

Acara pentas seni tersebut bertajuk “Lestari Budayaku, Lestari Lingkungan Purbakalaku” yang digelar oleh perkumpulan Brayat Krajan Sangiran dan Masyarakat Desa Manyarejo.

Acara terbuka untuk masyarakat umum. Mereka bisa langsung datang ke Pasar Budaya Krajan Desa Manyarejo mulai pukul 08.30 WIB.

Agenda acara pentas seni Hari Purbakala Nasional ke-109

Menurut info yang diberikan pendamping dari Balai Pelestarian Situs Manusia Purba Sangiran, Wahyu Widianto, acara kesenian dimulai pukul 08.30 WIB dengan kegiatan Kirab Budaya Balung Buto.

Baca juga: 5 Hal yang Bisa Ditemukan di Museum Purbakala Sangiran

Selanjutnya, akan ada penampilan seni tari Balung Buto dan kesenian lain, seperti tari Rempeg Balung Buto, gejlug lesung, dan musik gambus.

Kesenian Gejluk Lesung di Desa Manyarejo, Plupuh, Sragen.Dok. Wahyu Widianto Kesenian Gejluk Lesung di Desa Manyarejo, Plupuh, Sragen.

Selain dari masyarakat, pengisi acara juga ada yang dari dosen dan mahasiswa Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta.

Acara berlangsung dari pagi sampai malam hari. Pada malam hari, masih ada penampilan seni rodat dan wayang buto dari Desa Ngebung.

Baca juga: 4 Wisata Dekat Gunung Kemukus, Sangiran sampai Waduk Kedung Ombo

“Ini acara baru pertama, tapi ke depannya menjadi agenda kegiatan tahunan di Desa Manyarejo, Kecamatan Plupuh, Sragen,” kata Wahyu kepada Kompas.com, Senin (13/6/2022).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.