Kompas.com - 13/06/2022, 23:05 WIB

KOMPAS.com - Masuk ke Amerika Serikat kini tak perlu menyertakan hasil tes negatif Covid-19, termasuk bagi para pelancong asing.

Aturan ini telah berlaku sejak pukul 12.01 pagi waktu setempat, pada Minggu (12/06/2022).

Baca juga: Situasi Terbaru Terbang ke Singapura, Mirip Seperti Sebelum Pandemi

Pencabutan syarat tes Covid-19 bagi pelancong yang memasuki AS diterapkan setelah aturan tersebut berlaku selama lebih dari setahun.

Keputusan diambil setelah adanya berbagai permintaan dari industri perjalanan, termasuk sejumlah maskapai, yang terus-menerus mendesak pemerintah AS untuk mencabut syarat tes Covid-19.

“Langkah ini terjadi karena kemajuan yang telah kami buat dalam perjuangan melawan Covid-19."

"Saat ini, kami memiliki vaksin penyelamat dan perawatan yang tersedia secara luas, efektif melawan varian yang umum, serta mencegah penyakit serius dan kematian,” ujar Sekretaris U.S. Department of Health & Human Services, Xavier Becerra, dikutip dari laman Departemen Kesehatan & Layanan Kemanusiaan AS (HHS), Senin (13/6/2022).

Baca juga: Panduan Lengkap Masuk ke Thailand Per 1 Juni 2022, Bebas Tes PCR

Hal ini ia sampaikan setelah Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) mengumumkan bahwa berdasarkan riset dan data, tes Covid-19 pra-keberangkatan pelancong jalur udara ke AS tidak lagi wajib dilakukan.

“CDC terus merekomendasikan pengujian Covid-19 sebelum perjalanan udara dalam bentuk apa pun dan tidak ragu untuk mengembalikan persyaratan tersebut jika diperlukan nanti. Memastikan keselamatan dan kesejahteraan warga Amerika adalah prioritas utama kami,” imbuhnya.

Aturan masuk Amerika sebelumnya

Dilansir dari Travel and Leisure, Gedung Putih pertama kali memperkenalkan aturan pengujian pada Januari 2021, yang mengharuskan pelancong untuk diuji dalam waktu tiga hari setelah penerbangan internasional.

Aturan tes ini kemudian dipersingkat menjadi satu hari pada bulan Desember, meski di tengah munculnya varian baru omicron.

Baca juga: Indonesia Turun ke Level 1 CDC Amerika, Berisiko Rendah Covid-19

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.