Kompas.com - 14/06/2022, 10:40 WIB

KOMPAS.com - Pemerintah Arab Saudi mengumumkan sejumlah pelonggaran syarat terkait pandemi Covid-19, salah satunya tentang pemakaian masker di tempat tertutup.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Dalam Negeri Arab Saudi, Senin (13/6/2022), melalui Saudi Press Agency

"Pertama, tidak mewajibkan pemakaian masker di tempat-tempat tertutup, kecuali di Masjidilharam (Grand Holy Mosque) dan Masjid Nabawi (Prophet's Mosque)," bunyi pengumuman tersebut.

Baca juga:

Tidak hanya itu, masker juga tetap dipakai di tempat dan acara tertentu yang masih mewajibkan penggunaan masker menurut Otoritas Kesehatan Masyarakat Arab Saudi.

Menteri Dalam Negeri Arab Saudi menambahkan, verifikasi imunisasi dan kesehatan lewat aplikasi Tawakkalna juga tidak diwajibkan guna memasuki sejumlah tempat, acara, pesawat, dan transportasi umum. 

Umat Muslim sedang melaksanakan ibadah di Kabah Mekkah.Pexels/@ShamsAlamAnsari Umat Muslim sedang melaksanakan ibadah di Kabah Mekkah.

Namun, syarat tersebut dikecualikan bagi masyarakat yang masih wajib untuk memverifikasi status imunisasi dan kesehatan, menurut syarat kesehatan secara umum yang diatur oleh Weqaya.

Aplikasi Tawakkalna juga masih dipakai di tempat dan acara yang masih mewajibkan penggunaannya.

Baca juga:

Keputusan melonggarkan syarat terkait pandemi Covid-19 ini berdasarkan sejumlah pertimbangan, di antaranya rekomendasi otoritas kesehatan dan progres program vaksinasi skala nasional. 

Dilansir dari Aljazeera.com, pelonggaran ini ada seiring dengan persiapan Arab Saudi dalam menyambut 850.000 jemaah haji dari luar negeri. 

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.