Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sandiaga Ungkap Kendala Pemulihan Penerbangan Internasional ke Indonesia

Kompas.com - 14/06/2022, 11:02 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno optimis kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia akan mencapai puncaknya sekitar bulan Juli hingga Agustus 2022.

Meski demikian, capaian ini masih bergantung terhadap situasi pandemi serta pemulihan rute dan frekuensi penerbangan internasional ke Indonesia, khususnya Bali.

Walau saat ini frekuensi penerbangan internasional dan rute-rute baru ke Indonesia kian bertambah, namun jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, kondisi ini belum bisa sepenuhnya normal.

Baca juga:

"Di 2019, kunjungan wisman ke Bali per hari mencapai 20.000. Sekarang baru sekitar 30 persen, dengan total 6.000 wisman per hari," kata Sandiaga dalam Weekly Press Briefing Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Senin (13/6/2022).

Menurutnya, bila ingin angka tersebut naik, maka dibutuhkan dua kali lipat jumlah armada pesawat dari yang sudah dioperasikan hari ini, yang mana baru sekitar 350 pesawat dari 550 pesawat.

"Maskapai telah melakukan revitalisasi, ada sekitar 350 pesawat yang beroperasi dari 550 pesawat. Nah, ini yang perlu disikapi, banyak yang masih mengalami maintenance (pemeliharaan)," ujarnya.

Baca juga: Kenapa Mesin Pesawat Berisik? Ternyata Ini Penjelasannya

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com