Kompas.com - 14/06/2022, 11:02 WIB

KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno optimis kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia akan mencapai puncaknya sekitar bulan Juli hingga Agustus 2022.

Meski demikian, capaian ini masih bergantung terhadap situasi pandemi serta pemulihan rute dan frekuensi penerbangan internasional ke Indonesia, khususnya Bali.

Walau saat ini frekuensi penerbangan internasional dan rute-rute baru ke Indonesia kian bertambah, namun jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, kondisi ini belum bisa sepenuhnya normal.

Baca juga:

"Di 2019, kunjungan wisman ke Bali per hari mencapai 20.000. Sekarang baru sekitar 30 persen, dengan total 6.000 wisman per hari," kata Sandiaga dalam Weekly Press Briefing Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Senin (13/6/2022).

Menurutnya, bila ingin angka tersebut naik, maka dibutuhkan dua kali lipat jumlah armada pesawat dari yang sudah dioperasikan hari ini, yang mana baru sekitar 350 pesawat dari 550 pesawat.

"Maskapai telah melakukan revitalisasi, ada sekitar 350 pesawat yang beroperasi dari 550 pesawat. Nah, ini yang perlu disikapi, banyak yang masih mengalami maintenance (pemeliharaan)," ujarnya.

Baca juga: Kenapa Mesin Pesawat Berisik? Ternyata Ini Penjelasannya

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.