Kompas.com - 14/06/2022, 23:09 WIB
Penulis Ulfa Arieza
|

KOMPAS.com - Jakarta Fair 2022 atau Pekan Raya Jakarta (PRJ) 2022 kembali hadir setelah absen selama dua tahun akibat Covid-19. Ada beragam kegiatan seru yang dapat dilakukan saat berkunjung ke acara pameran ini.

Salah satu aktivitas yang tidak boleh ketinggalan saat mengunjungi Jakarta Fair 2022 adalah wisata kuliner. Berdasarkan keterangan resmi penyelenggara Jakarta Fair Kemayoran 2022, pengunjung dapat menemukan beragam sajian kuliner di berbagai titik. 

Meliputi, Pasar Malam Festival, Expo Resto, Pucuk Culinary, Kampung Betawi, dan lainnya.

“Salah satu destinasi favorit pengunjung Jakarta Fair 2022 yang tidak boleh terlewatkan adalah wisata kuliner,” bunyi keterangan resmi tersebut, dikutip Kompas.com pada Selasa (14/6/2022). 

Baca juga: 6 Fakta Jakarta Fair, Dulunya Bukan di Kemayoran

Baca juga: Jadwal Pesta Kembang Api Jakarta Fair 2022, Ada yang Tanggal 22 Jun

Berdasarkan pantauan Kompas.com, banyak sekali gerai makanan dan minuman di Jakarta Fair 2022. Gerai makanan dan minuman tersebut menyajikan aneka kuliner kelolaan UMKM hingga merek multinasional.

Wahana bianglala mini di pasar malam Jakarta Fair 2022 atau Pekan Raya Jakarta di JIExpo Kemayoran, Jakarta Utara, pada Jumat (10/6/2022).KOMPAS.com/Wasti Samaria Simangunsong Wahana bianglala mini di pasar malam Jakarta Fair 2022 atau Pekan Raya Jakarta di JIExpo Kemayoran, Jakarta Utara, pada Jumat (10/6/2022).

Kuliner khas Betawi di Jakarta Fair 2022   

Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Jakarta Fair tanpa mencicipi kuliner khas Betawi. Salah satu tempat yang menyajikan kuliner khas Betawi di Jakarta Fair adalah Kampung Betawi. 

Lokasi Kampung Betawi ini berada di dekat Hall D JIExpo Kemayoran. Berikut rekomendasi kuliner khas Betawi yang patut dicoba saat berkunjung ke Jakarta Fair 2022. 

Baca juga: Harga Tiket Jakarta Fair 2022, Beli Online Lebih Murah

1. Kerak telor 

Siapa yang tidak kenal kerak telor? Jajanan berbahan dasar telur ini merupakan salah satu ikon makanan khas Betawi. 

Berdasarkan informasi dari Kompas.com (10/6/2022), kerak telor mempunyai tekstur yang mirip telur dadar. Namun, cita rasanya sangat berbeda. 

Salah satu pedagang kerak telor di Jakarta Fair 2022 atau Pekan Raya Jakarta di JIExpo Kemayoran, Jakarta Utara, pada Jumat (10/6/2022).KOMPAS.com/Wasti Samaria Simangunsong Salah satu pedagang kerak telor di Jakarta Fair 2022 atau Pekan Raya Jakarta di JIExpo Kemayoran, Jakarta Utara, pada Jumat (10/6/2022).

Adapun keunikan cita rasa sajian tersebut berasal dari penggunaan bahan baku yang beragam. Mulai dari ketan, ebi, kelapa parut sangrai, dan tak lupa bahan utamanya yaitu telur ayam atau telur bebek. 

Sebelum disajikan, kerak telor diberi bumbu halus yang terbuat dari campuran kelapa parut sangrai, cabai merah, kencur, merica, jahe, dan gula pasir.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, penjual kerak telor juga dapat ditemukan pada pintu masuk A1 JIExpo Kemayoran. Tepatnya, bersebelahan dengan area pasar malam. Satu porsi kerak telor tersebut dijual seharga Rp 25.000.

Baca juga: Wisata ke Jakarta Fair 2022 Kemayoran, Simak 4 Tips Penting Ini

2. Dodol Betawi 

Dodol Betawi dibuat menggunakan tiga bahan utama, yakni ketan, gula merah, dan santan. Selain rasa original tersebut, biasanya penjual juga menyajikan dodol rasa durian, ketan hitam, dan lainnya. 

Cara memasaknya cukup mudah, yakni dengan mencampurkan semua bahan tersebut kemudian diaduk, seperti dikutip dari Kompas.com (10/6/2022). Namun, pembuatan dodol Betawi terbilang melelahkan lantaran membutuhkan waktu memasak yang cukup panjang. 

Pekerja menyelesaikan pembuatan dodol betawi Ibu Yuyun di Pejaten Timur, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Kamis (9/7/2015). Menjelang Idul Fitri, permintaan akan dodol betawi mengalami peningkatan. KOMPAS IMAGES / KRISTIANTO PURNOMOKRISTIANTO PURNOMO Pekerja menyelesaikan pembuatan dodol betawi Ibu Yuyun di Pejaten Timur, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Kamis (9/7/2015). Menjelang Idul Fitri, permintaan akan dodol betawi mengalami peningkatan. KOMPAS IMAGES / KRISTIANTO PURNOMO

Pembuatan dodol Betawi memerlukan waktu 8-10 jam, bergantung kondisi api. Volume api dapat berpengaruh pada kualitas dodol. Jika api terlalu besar, maka dodol bisa menjadi gosong.

Menariknya, pengunjung bisa menyaksikan langsung proses pembuatan dodol Betawi di Kampung Betawi, Jakarta Fair 2022. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.