Kompas.com - 15/06/2022, 09:14 WIB

LABUAN BAJO, KOMPAS.COM - Wakil Bupati Manggarai Barat, Yulianus Weng, mengatakan bahwa aktivitas pariwisata di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), tidak boleh merusak lingkungan.

"Pembangunan pariwisata di Labuan Bajo Manggarai Barat, Pemda (Pemerintah Daerah) mengacu pada tiga prinsip penting yaitu partisipatif, berbudaya, dan berkelanjutan," kata Yulianus dalam Workshop 2022 EASICO Capacity Buiding Workshop by Indonesia Waste Platform di Jayakarta Hotel Labuan Bajo, Senin (13/06/2022).

Pembangunan pariwisata, lanjutnya, boleh berkembang pesat, namun tidak boleh merusak lingkungan. Sehingga, aktivitas pariwisata bisa dinikmati secara berkelanjutan hingga anak cucu.

Baca juga:

Ia menyambut workshop tersebut lantaran membahas isu lingkungan dalam pengembangan pariwisata yang berkelanjutan. Adapun isu lingkungan, baik darat dan laut, menjadi salah satu isu yang mendapat perhatian Pemda Manggarai Barat.

“Dalam rangka menjaga laut kita, Pemda Manggarai Barat telah berkoordinasi dengan Polisi Air dan Danlanal (Komandan Pangkalan Angkatan Laut) untuk mencegah kegiatan-kegiatan yang merusak lingkungan laut, seperti pengeboman ikan dan pencurian terumbu karang,” ujarnya.

Ia juga mengapresiasi komunitas anak muda yang bergerak mengumpulkan sampah plastik di Labuan Bajo.

Diharapkan, kegiatan positif seperti itu berlanjut hingga ada perubahan perilaku masyarakat, yakni peduli lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Baca juga: Siapkan SDM Pariwisata, Labuan Bajo Akan Bangun Poltekpar

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.