Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seongapdo di Korea Selatan, Pulau Squid Game yang Sebenarnya?

Kompas.com - 15/06/2022, 14:03 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kesuksesan serial drama Korea Selatan, Squid Game, menarik perhatian dan rasa penasaran penggemarnya, termasuk soal lokasi Pulau Squid Game yang sesungguhnya.

Desas-desus lokasi pun bermunculan, hingga timbul spekulasi bahwa sebuah pulau misterius di Korea Selatan bernama Seongapdo adalah Pulau Squid Game yang asli.

Bahkan, jika ditelusuri lewat fitur Google Maps, cukup sulit menemukan pulau ini. Selain itu, bila kamu mencari di situs web Visit Korea sekalipun, juga tidak akan mendapat hasil.

Saking isengnya, seseorang malah menandai Seongapdo dengan nama Lampu Merah, Lampu Hijau (Red Light, Green Light), yang mengacu ke salah satu jenis permainan anak-anak yang ditayangkan dalam episode awal Squid Game.

Baca juga: Yuk, Lihat Lagi 7 Permainan Squid Game Musim Pertama

 

Meskipun Korea Selatan punya sekitar 3.000 pulau yang sebagian besar tidak berpenghuni, tetapi informasi tentang Pulau Seongapdo cukup sulit ditemukan.

Dilansir dari traveller.com.au, Rabu (15/6/2022), pulau berbentuk bulan sabit ini terletak di lepas pantai, sebelah barat laut Korea Selatan yang ada di dekat Incheon. Berdasarkan pantauan Kompas.com, Rabu, pulau tersebut saat ini dinamai Squid Game Island atau Pulau Squid Game di Google Maps. 

Di dalam pulau tersebut ada sebuah kawah gunung api yang satu sisinya terbuka, dan dipenuhi air laut hingga menciptakan teluk yang digambarkan mirip dalam serial Squid Game.

Adapun Squid Game mengisahkan orang-orang putus asa yang memainkan permainan mematikan, namun berhadiah miliaran, dikutip dari Kompas.com, Kamis (19/8/2021). Serial ini akan dibuat musim keduanya. 

Baca juga:

Seongapdo, pulau pribadi yang misterius

Seongapdo merupakan pulau pribadi yang tidak dapat diakses secara bebas oleh publik. Kabarnya, tidak ada feri reguler dan tidak ada sumber listrik utama di pulau tersebut.

Meski tidak berpenghuni, namun ada beberapa nelayan yang mengunjungi pulau ini, dikutip dari cntraveller.com.

Organisasi Pariwisata Korea (KTO) mengatakan bahwa Seongapdo adalah pulau yang dihuni oleh empat orang saja.

"Tidak ada informasi lebih lanjut yang dapat kami temukan dari organisasi pariwisata regional Incheon," demikian kata seorang juru bicara organisasi tersebut, dikutip dari traveller.com.au.

Saat lokasi lainnya dalam drama Squid Game, yang berada di Kota Daejeon dan Seoul, sudah ramai dikunjungi oleh penggemar, Seongapdo justru tetap misterius. 

Baca juga: Boneka di Serial Squid Game Muncul di Dunia Nyata, Ada di Korea dan Filipina

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com