Kompas.com - 15/06/2022, 17:44 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) serius memaksimalkan sport tourism atau wisata olahraga untuk menarik kunjungan wisata, baik nasional mau pun internasional.

Salah satu agenda sport tourism tersebut adalah gelaran voli pantai di Pantai Sepanjang Kalurahan Kemadang, Tanjungsari, 22-26 Juni mendatang.

"Melihat alam dan objek wisata di Gunungkidul mendukung khususnya di pantai, saat ini kami fokus ke sport tourism," kata Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Gunungkidul, M. Arif Aldian saat ditemui di Pantai Sepanjang, Rabu (15/06/2022).

Baca juga: 6 Destinasi Wisata Disiapkan untuk Sport Tourism, Ada F1 di Danau Toba

Selain voli pantai, ada juga kegiatan sport tourism lain seperti panjat tebing, selancar, hingga sepak bola pantai.

Voli pantai di Pantai Sepanjang menurutnya punya peran strategis dalam memperkenalkan potensi wisata Gunungkidul. Sebab, peserta yang datang tidak hanya pemain, tetapi juga pendamping dan penonton dari berbagai propinsi.

Selain itu, momentum liburan sekolah juga diharapkan dapat mendatangkan lebih banyak pengunjung ke atraksi wisata tersebut.

"Voli Pantai tingkat nasional ini bertepatan dengan hari libur sekolah, sehingga semakin otomatis akan meningkatkan kunjungan wisata," kata dia.

Baca juga: Kuliner dan Sport Tourism Bisa Dorong Peningkatan Jumlah Turis Asing

Arif menyebut pihaknya sudah berkoordinasi dengan perhimpunan hotel dan restoran Indonesia (PHRI) untuk persiapan menyambut kedatangan wisatawan sekaligus pemain ini.

Kesiapan sumber daya manusia hingga lokasi

Ilustrasi sport tourism.DOK KEMENTERIAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF Ilustrasi sport tourism.

Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga Gunungkidul, Harry Sukmono mengatakan, sejumlah atlet nasional akan ikut dalam kejuaraan ini. Diharapkan kejuaraan tersebut tidak hanya bisa membantu mengasah kemampuan para atlet, tetapi juga sebagai sarana pengembangan sport tourism di Bumi Handayani.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.