Kompas.com - 15/06/2022, 18:05 WIB

KOMPAS.com - Australia mencabut aturan tentang kewajiban penggunaan masker saat di bandara, baik bagi pengunjung maupun petugas.

Dikutip dari laman resmi Departemen Kesehatan Australia, masing-masing negara bagian dapat mencabut aturan tersebut mulai Jumat, 17 Juni 2022. 

Baca juga:

Komite Utama Perlindungan Kesehatan Australia (AHPPC) telah meninjau situasi Covid-19 di Negeri Kangguru saat ini dan merevisi aturan yang mengamanatkan perlunya penggunaan masker.

Mereka mencatat bahwa semua negara bagian dan teritori telah melonggarkan sebagian besar aturan penggunaan masker dalam komunitas, sehingga aturan kewajiban penggunaan masker di bandara dinilai tidak lagi proporsional.

"AHPPC mengusulkan agar pemakaian masker di terminal bandara tidak lagi diwajibkan mulai tengah malam 17 Juni 2022," tulis pernyataan AHPPC, seperti dikutip Kompas.com dari situs, Rabu (15/06/2022).

Sementara itu, pemerintah mengamini hal tersebut dan menyebutkan bahwa negara-negara bagian kemungkinan akan segera menerapkannya.

"Kami mengantisipasi masyarakat yang bepergian akan melihat perubahan ini dalam beberapa hari ke depan setelah Jumat, karena yurisdiksi masing-masing negara bagian telah membuat perubahan yang diperlukan untuk mengubah aturan-aturan kesehatan masyarakatnya," tulis pernyataan Menteri Kesehatan Mark Butler dan Menteri Transportasi Catherine King, seperti dikutip Kompas.com dari ABC.

Baca juga:

Aturan ini menjadi angin segar bagi sejumlah maskapai, terutama yang sebelumnya menyuarakan agar aturan yang mewajibkan penggunaan masker dicabut.

Kendati demikian, AHPPC tetap menganjurkan pemakaian masker di dalam pesawat.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Secara umum, Pemerintah Australia tetap menganjurkan warganya memakai masker guna meminimalisasi penyebaran Covid-19 dan virus influenza.

Terlepas dari pelonggaran tersebut, jumlah kasus Covid-19 di Australia saat ini masih terus meningkat hingga 25.662 kasus, per Selasa (14/06/2022).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.