Kompas.com - 16/06/2022, 07:23 WIB

KOMPAS.com - Sebuah studi yang dilakukan oleh HappyOrNot, perusahaan umpan balik (feedback) instan asal Finlandia, menunjukkan bahwa hari Minggu adalah hari yang paling tidak baik untuk naik pesawat.

Perusahaan tersebut melakukan analisis terhadap lebih dari 4,5 juta poin umpan balik pelanggan di seluruh bandara di 30 negara.

Hasilnya, hari terburuk adalah hari Minggu karena orang-orang paling tidak bahagia pada hari itu, dan hanya 81 persen umpan balik pelanggan yang isinya positif. 

Baca juga:

Sebaliknya, hari terbaik untuk naik pesawat adalah hari Rabu karena level kebahagiaan berada di persentase tertinggi yakni 84,6 persen.

Penumpang yang naik pesawat tengah malam juga dinilai paling tidak bahagia dengan persentase umpan balik positif sebesar 77,3 persen. 

Kebalikannya, waktu terbaik sekaligus terbahagia untuk naik pesawat adalah pukul 08.00 pagi dengan persentase sebesar 86,6 persen.

Baca juga: Kenapa Suhu Kabin Pesawat Dingin? Ternyata Disengaja

Ilustrasi penumpang pesawat mengenakan masker.FREEPIK/RAWPIXEL.COM Ilustrasi penumpang pesawat mengenakan masker.

CEO HappyOrNot, Miika Mäkitalo, mengatakan bahwa pihaknya ingin meneliti pengalaman melakukan perjalanan melalui bandara, sehubungan dengan periode liburan musim panas yang diprediksi akan cukup ramai. 

Pengalaman melakukan perjalanan tersebut, lanjutnya, bisa bervariasi. Mulai dari yang menyenangkan hingga melelahkan.

Baca juga:

"Dengan menyampaikan temuan ini, kami berharap dapat mempersiapkan pelaku perjalanan dengan pengetahuan soal kapan waktu yang terbaik untuk naik pesawat dan kapan waktu yang sebaiknya dihindari, sekaligus membekali petugas bandara dengan wawasan data pengalaman penumpang yang harus diperhatikan saat bandara sibuk kembali," terangnya, dikutip dari The Sun, Kamis (16/6/2022).

Selain itu, dilansir dari Kompas.com, Selasa (8/2/2022), harga tiket pesawat pada hari Jumat dan Minggu biasanya akan lebih mahal. 

Oleh sebab itu, calon penumpang pesawat bisa memesan tiket pada hari-hari lainnya guna mendapat penawaran yang lebih baik. 

Baca juga: 7 Tips Dapat Tiket Pesawat Murah, Cari Waktu yang Tepat untuk Memesan

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber The Sun
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.